Kajian Timur Tengah

Beranda » Buku Saya » Pelangi di Persia: Menyusuri Eksotisme Iran

Pelangi di Persia: Menyusuri Eksotisme Iran

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Alhamdulillah buku saya yang judulnya Pelangi di Persia: Menyusuri Eksotisme Iran sudah meluncur ke toko-toko buku, terutama Gramedia.

iran-full-4.jpg

(klik foto untuk memperbesar)

Berikut ini endorsment di cover belakang buku:

Dalam perjalanan itu, kami (saya dan keluarga) berjumpa orang-orang Iran dari berbagai etnis, budaya, dan agama. Kami menyaksikan keanggunan dan keningratan orang-orang Gilan di utara, militansi kesukuan orang-orang Kurdi di barat, kehangatan nyala api orang-orang Majusi di timur, hingga keramahan khas orang-orang etnis Arab di selatan Iran. Desa kuno berusia lima ribuan tahun di Abyaneh, kebun-kebun mawar yang air sulingan bunganya dipakai untuk mencuci Ka’bah, kebun teh di pinggir laut Kaspia, puing-puing perang di Khurramshahr, kuil sesembahan orang Persia kuno di pedalaman Shoush, kota kuno di Shoustar yang pernah diperebutkan pada era Khalifah Umar bin Khattab, masjid kaum Sunni di Sanandaj dengan beranda tuanya yang tenang, pegunungan Zagros yang membuat nafas tertahan, dan puing istana Persepolis yang menjadi bukti kemegahan peradaban Persia kuno, adalah di antara keeksotisan Iran yang kami saksikan dalam perjalanan itu.

Perjalanan mengelilingi Iran hanya dilakukan dalam rentang waktu dua bulan. Namun, yang tertuang di buku ini sejatinya adalah catatan tentang warna-warni pelangi yang selama delapan tahun saya saksikan di Iran. Semoga Anda pun menikmatinya.
[penulis, di pengantar buku]

Perjalanan Dina ke berbagai wilayah Iran yang sangat beragam itu membuka mata kita tentang latar belakang kultur/budaya yang sangat beragam di Iran, kesukuan/etnisitas, agama, sejarah, bahkan modernitas dan gaya hidup orang-orangnya, di kota maupun di desa-desa di pegunungan. Keindahan negara Iran juga digambarkan dengan saksama, menggoda kita untuk berangan-angan pergi ke sana pada suatu ketika.
[Sirikit Syah, penulis dan pengamat media, pendiri Media Watch]

UPDATE:

tahun 2012, buku ini dicetak ulang (dengan sedikit perubahan konten) dengan judul baru:  JOURNEY TO IRAN.

Iklan

8 Komentar

  1. eagle berkata:

    Mbak dina,…
    saya ingin bertanya ttg cerita..cerita burung yg mengatakan bahwa penganut sunni “di tindas” termasuk tdk memunkinkan mememiliki masjid sendiri…dan apakah ada penganut suni di Iran
    bagaimana pendapat mbak dengan cerita seperti ini….
    mohon pencerahannya..

  2. dinasulaeman berkata:

    Silakan baca buku saya, ceritanya lengkap.. 🙂

  3. abubakr saleh berkata:

    Assalamualaikum,,

    pa kabar mba dina..saya sudah baca bukunya walaupun buku itu hanya akan sebentar saja nagkring di kamar kos saya di jogja.

    buku ini harus saya kirim ke adik ku di lombok sana. dia khusus ngirim duit buat beli buku itu..dia sangat cinta ama iran, hingga bermimpi mimpi ingin ke iran… sebenarnya saya ingin beli buku itu, tpi taulah mba anak kos,, harus nabung dulu untuk bisa beli buku, apalagi ada dua buku yang ingin saya beli, THE ROAD TO ALLAH nya KANG JALAL, dan buku mba ini.. tapi untunglah ada adik saya yang sangat cinta iran. dengan rayuan sedikit, akhirnya dia merogoh koceknya untuk beli buku ini…alhamdulillah saya akhirnya bisa baca. oh yaa mba salam kenal yaa,

    oh yaa mba, saya rencananya ingin buat cerpen yang berseting iran..boleh g mba saya ambil sedikit kalimat2 bahasa persia yang ada dalam buku mba itu??

  4. bram berkata:

    mbak. dina, buku anda yang berjudul pelangi di persia belum ada di gramedia manado gimana un tuk mendapatkannya? buku anda yang berjudul doktor cilik sangat luar biasa sekali, saya sangat menenanti tulisan-tulisan dati mbak dina. ulasan-ulasan politik timur tengah (khususnya iran) memberikan banyak bahan pemikiran kepada saya yang sangat berminat pada perkembangan politik di Iran. salam kenal manado

  5. dinasulaeman berkata:

    @Abu Bakar Saleh: silahkan Pak. Terimakasih ya udah baca buku saya 🙂

    @Bram: bisa pesan langsung ke penerbitnya pt_iiman@yahoo.com. Trimakasih ya..

  6. nilam berkata:

    Ass wr wb.
    Selamat atas terbitnya buku Anda.
    Saya sering mengunjungi blok Ustad Labib dan Ustad Musa. Terus tertarik meng-klik nama Mbak Dina. Begitu buka blognya saya baru tahu, “Oooo, jadi ini penulis ‘Dokter Cilik’ itu? 🙂
    Salam kenal ya, Mbak…
    Insyaallah, saya akan membeli buku terbarunya…
    Wassalam

  7. Muhammad berkata:

    Salamun ‘alaikum ….

    KUIS MILAD RASULULLAH SAW. HADI TV diperpanjang hingga akhir bulan Rabi’us Tsani 1429. Kuis ini ditayangkan setiap hari melalui saluran HADI TV SATELLITE CHANNEL dan silakan akses di Thai Com 5.

    Melangkah bersama Rasulullah, dan rebut hadiah utamanya: $ 100.

    HADI TV DIRECTOR

    ================================

    Hadi TV Frequency

    Satelite : Thaicom-5
    Orbital Slot: 78.5 E – Global C – Band
    Transponder No: 1 G
    Frequency: 3,431 MHz
    Polarization: Horizontal
    FEC: 3 / 4
    Symbol Rate: 13.333 Msps

  8. Iza berkata:

    Assalamualaikum Kak Dina,

    Saya Iza dari Malaysia. Saya telah membeli buku ini di Gramedia Mines Seri Kembangan, Malaysia. Senang sekali apabila membaca travelogue ini dan mengetahui sisi lain Iran yang selama ini terselindung atau diselindungkan. Ingin sekali saya jalan2 ke sana. Walaupun buku ini belum diterjemah ke dalam Bahasa Malaysia, saya masih boleh memahaminya dengan baik kerna sering berkomunikasi dengan teman2 di Indonesia.

    Tahniah (selamat ya) atas usaha Kak Dina 🙂

Komentar ditutup.

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: