Kajian Timur Tengah

Beranda » Palestina » Seruan Demokrasi yang Diedit

Seruan Demokrasi yang Diedit

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Kejadiannya sebenarnya sudah dua tahun lalu, tapi relevan diposting sekarang, dalam memperingati Yaumul Quds.

Thn 2006, Mike Wallace menginterview President Mahmoud Ahmadinejad dalam acara 60 Minutes. Dan ternyata ada bagian penting yang diedit oleh CBS, yaitu seruan demokrasi. Proposal penting Ahmadinejad (Iran) atas konflik Palestina adalah digelarnya referendum yang diikuti semua warga Palestina (termasuk kaum Yahudi). Tapi rupanya media AS tak ingin suara demokrasi terdengar dari mulut Ahmadinejad. Kejadian ini bahkan oleh media AS sendiripun disebut sebagai ‘skandal media’.

Berikut ini bagian yang diedit itu (yang ada di antara dua garis putus2), diterjemahkan oleh Dina Y. Sulaeman.

Wallace (CBS) : Anda sangat pintar berpanjang-panjang dalam bicara. [Tapi] Anda belum menjawab pertanyaan. Israel harus dihapuskan dari peta dunia. Kenapa?

PRESIDENT AHMADINEJAD: Jangan tergesa-gesa, saya sedang mengarah ke sana.

Wallace (CBS) : Saya tidak tergesa-gesa.


PRESIDENT AHMADINEJAD: Saya pikir, pemerintahan Israel adalah pemerintahan jadian-jadian.

——————–diedit————-

Dan saya sudah membahas tentang solusinya. Solusinya adalah demokrasi. Kami telah menyatakan, izinkan bangsa Palestina untuk berpartisipasi dalam referendum yang bebas dan adil untuk menyatakan pendapat mereka. Usulan kami ini akan membawa kepada perdamaian yang langgeng. Perdamaian yang langgeng hanya akan terwujud jika semua pendapat rakyat bisa dipersatukan.

Karena itu kami mengatakan: biarkan bangsa Palestina berpartisipasi dalam referendum untuk memilih pemerintahan yag mereka inginkan dan tentu saja, untuk menghentikan perang. Mengapa mereka (AS-Israel) menolak hal ini dilakukan? Bahkan pemerintahan Palestina yang telah dipilih oleh rakyat diserang setiap hari, dan pejabat tingginya dibunuh dan dipenjara. Kemarin, jurubicara parlemen Palestina ditahan, padahal, Anda ingat, dia adalah pilihan rakyat. Sampai kapan ini akan terus berlanjut?

Kami percaya bahwa problem ini harus diselesaikan secara mendasar. Saya percaya pemerintah AS telah mendukung rezim penjajah ini secara membabi-buta. AS harus menghentikan dukungannya, mengizinkan rakyat untuk berpartisipasi dalam pemilu yang bebas dan adil. Apapun yang terjadi [dipilih rakyat], biarkan saja. Kami akan menerima dan berjalan bersama [pemerintahan pilihan rakyat]. Hasilnya akan menjadi seperti yg Anda katakan tadi, Tuan.

Penjelasan dari Dina: Maksud Ahmadinejad; kalau ada referendum yg melibatkan semua bangsa Palestina, termasuk imigran Yahudi yg datang ke Palestina sblm 1948, sudah dipastikan, rezim Zionis akan dibubarkan (atas keinginan rakyat) dan dibentuk pemerintahan bersama yg demokratis. Lebih lanjut penjelasan mengenai hal ini sudah saya jelaskan di buku “Ahmadinejad on Palestine”.

Wallace: Lihat, saya tidak bermaksud tidak hormat. Mari kita bersepakat. Saya akan mendengarkan semua jawaban Anda jika Anda mau menerima semua pertanyaan saya. Yg saya khawatirkan, kita mungkin akan kehabisan waktu.

Ahmadinejad: Anda bebas mengajukan pertanyaan yg Anda inginkan dan saya berharap saya juga bebas untuk mengatakan apapun dalam benak saya. Anda bebas mengajukan pertanyaan apapun pada saya, dan tentu saja, harap berikan hak untuk merespon secara penuh atas pertanyaan itu untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran saya.

——————-akhir editan——————–

Apa mungkin Anda berharap saya mengatakan apa yang Anda ingin agar saya katakan? Apa saya memahami…

Wallace: Tidak

Ahmadinejad: Kalau begitu, saya minta Anda untuk bersikap sabar

Wallace: Saya sudah katakan saya akan bersabar.

Video dan traskrip bisa dilihat di sini:

http://bravenewfilms.org/blog/42822-apologize-to-the-world-mr-wallace-and-return-that-emmy

Iklan

3 Komentar

  1. fathiiiii berkata:

    Assalamu’alaykum.

    Bu Dina, apakah saya bisa mengetahui source berita ini? Soalnya, jika saya paparkan ke teman-teman, terlalu mudah untuk tidak dipercayai.

    Terima kasih.

    Wassalam.
    Fathi

  2. dinasulaeman berkata:

    Waalaykum salam,
    Oh iya, saya lupa sebutkan sumbernya…
    Ada rekaman video dan transkripnya di sini:
    http://bravenewfilms.org/blog/42822-apologize-to-the-world-mr-wallace-and-return-that-emmy

  3. fathiiiii berkata:

    Terima kasih bu Dina.

    Wassalam.
    Fathi

Komentar ditutup.

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: