Kajian Timur Tengah

Beranda » Amerika » Kebohongan BBC

Kebohongan BBC

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Bila saya menulis dengan nada sentimen tentang “media Barat” yang sering berat sebelah dan tendensius dalam memberitakan masalah Iran (dan Timur Tengah pada umumnya), ada saja yang memrotes.

Kali ini, ada bukti nyata… BBC tertangkap basah berbohong soal pemilu Iran. Mereka menggunakan foto Ahmadinejad yg sedang pidato dgn massa yang sangat banyak:

SMALL_iran_protest_rally_lie1

Foto itu di-zoom, lalu dipotong gambar massa-nya saja, dan diberi caption: massa Mousavi yang sedang protes (atas hasil pemilu). Jadi, kelihatannya, massa Mousavi yg lagi protes itu emang banyaaak..banget.

SMALL_iran_protest_rally_lie2

Gila ya?! Seorang blogger mengetahui hal ini, lalu posting di sini.

Foto asli dalam ukuran besar bisa dilihat di sini dan foto rekayasa dalam ukuran besar bisa dilihat di situ.

Tentu saja, tak lama setelah ’tertangkap basah’, BBC menukar caption itu. Bisa lihat di sini.

Cara serupa dulu juga dipakai BBC (dan media mainstream lainnya) saat menayangkan gambar “lautan massa yang sedang menjatuhkan patung Saddam di Fardus Square”. Ternyata sesungguhnya, cuma ada segelintir orang di sekitar patung itu, itupun kebanyakan tentara AS dan jurnalis. Berita ttg ini bisa lihat di sini (klik picture 1, 2,3,4, lalu bandingkan keempat foto itu, bahkan di foto terakhir terlihat yang naik ke bagian kepala patung Saddam adalah tentara AS).

Apapun pendapat Anda soal Ahmadinejad dan Iran, yang jelas, fakta bahwa media Barat sangat berlebihan (dan bahkan berani berbohong) mengeksploitasi masalah pemilu dan memprovokasi rakyat Iran, perlu dipertanyakan.

Bahkan Kementrian Dalam Negeri AS yg biasanya menyebut internet sebagai alat yg dipakai para ekstrimis dan teroris, kini, demi untuk mengacau situasi di Iran, meminta Twitter.com agar menunda rencana maintenance-nya, supaya para perusuh di Iran bisa terus menggunakan Twitter untuk memposting foto2 demonstrasi. (berita lengkap soal ini bisa baca di paragraf kedua di artikel ini.)

Iklan

30 Komentar

  1. imazahra berkata:

    Duh, speechless!

    Parah banget siy BBC, hiks! Jadi sebel!

    Ada MPer orang BBC lo Uni, coba nanti kutanya beliau, Uni kenal gak? Kang Asep di London 🙂

  2. Arif Fiyanto berkata:

    Media-media barat ini memang jelas sekali ketidaknetralannya Uni, banyak sekali contoh untuk membuktikan ini, kasus BBC ini adalah bukti yang tak terbantahkan bahwa media-media mainstream yang seringkali jadi rujukan media-media kita disini, bukanlah sumber informasi yang bisa kita percaya. Soal Pemerintah AS yang meminta situs Twitter untuk mengubah jadwal maintenance, satu lagi bukti menggelikan bahwa negeri-negeri yang mengaku kampiun demokrasi, ternyata tak lebih dari negeri-negeri yang menggunakan istilah demokrasi demi kepentingan mereka sendiri.
    Terimakasih Uni, atas tulisannya kali ini

  3. Indro Cahyono berkata:

    Foto asli dalam ukuran besar bisa dilihat di sini dan foto rekayasa dalam ukuran besar bisa dilihat di situ. –> Mbak Dina, fotonya kok ndak bisa dibuka ya? Yg kliatan cuman foto yg udh benar. Foto yg salahnya seperti apa ya?

    Trims

    • dinasulaeman berkata:

      saya udah coba klik, tak ada masalah, jadi begitu di-klik keluar windows/tampilan kecil, lalu klik lagi, nanti jadi besar..

      Foto dari LA Times itu yg asli, lalu di BBC dipotong (gambar massa-nya aja, gambar Ahmadinejad dibuang)

  4. ti2n berkata:

    kita memang harus lebih jeli dan kritis dengan media mainstream yang mungkin punya ‘misi’ tertentu.
    tetap semangat Uni, untuk menyuarakan kebenaran..!!!

  5. wikan berkata:

    emang direkayasa tuh

  6. fuady berkata:

    terima kasih, bunda, sudah memberi kabar. jadi nambah ilmu…

  7. BaNi MusTajaB berkata:

    Menyebarkan berita bohong agaknya sudah menjadi tradisi kantor berita asing, terutama yang sentimen dengan tokoh-tokoh tertentu. Persoalannya, jika berita tersebut kemudian disiarkan pula di negeri ini. Sehingga kita pun menikmati berita bohong itu.Dibutuhkan sikap kritis menyikapi hal ini.

  8. agus suhartono berkata:

    fotonya emang beda kok, cek deh

  9. bodrox berkata:

    dari dulu BBC dan koncone memang gitu… tapi kali ini bener2 kelewatan 😦

  10. abdi_scripta berkata:

    Assalamu’alaykum

    BRAVO… simply putted.. OUTSTANDING…
    Betapa perlu banyak posting seperti ini…
    The truth about media ang middle east propaganda…

    saya dapat Blog ini dari aa’ Fuad di multiply…
    Luar biasa sekali sadurannya mbak, EXCELLENT…

    Kudu saya add ke blog saya…
    Mohon dengan amat sangat berita seperti ini sering2 dipost… sangat membangun opini…

    Mohon maaf…
    Wassalam

  11. budi berkata:

    BBC….it’s great disgraceful. Your credibility has been broken. Western media credibility is going to the lowest period. So, don’t teach us to tell the true, if you always show the lies to the world.!!

  12. dinasulaeman berkata:

    Mohon maaf saya 3 hr ini keluar kota, makanya terlambat memoderasi komen2 yg masuk. Terimakasih atas perhatian Anda semua…

  13. joko berkata:

    siasat mengadu domba dan memecah belah…
    kita harus selalu waspada

  14. indolover berkata:

    Salam, makasih ibu infonya.
    Setelah membaca ini terhitung sudah dua kali saya menemukan (membaca) cacat terkait kredibilitas maupun objektivitas BBC. Yang pertama berkenaan perang Israel terhadap Gaza.
    Di luar apakah seluruh/mayoritas media mainstream barat melakukan ‘konspirasi’ atas Iran via media warfare (krn. hingga saat ini saya belum baca bukti lain di internet atau media lainnya), beberapa hal menarik saya temukan setelah menelusurinya ke situs blog moderator BBC terkait ini;
    1. Seorang moderator BBC sudah mengakui bahwa mereka ‘salah’ memberi caption pada foto tsb.
    2. Komentar2 dalam blog tsb. membuktikan bahwa kedua foto TIDAK SAMA, namun TIDAK berarti bahwa even dalam kedua foto ini BERBEDA.
    Demikian.

  15. jajuli berkata:

    Spertinya di Indonesia juga ada media2 seperti itu ya uni?semua pasti tau kalo media salah satu petinggi partai sering ngekor ma tv barat itu…

  16. Trixi berkata:

    “Kalau ada orang fasik membawa suatu kabar, maka verifikasilah kabar itu (tabayyun)…” (Al-Qur’an)

  17. andi berkata:

    BBC pembohong besar,GAK AKAN DENGARKAN KM LG.

  18. […] BBC yang ketangkap basah berbohong dalam pemberitaannya mengenai Iran, kali ini CNN dan Al Jazeera […]

  19. sony berkata:

    yang berbohong yg py blog apa bbc? mbak, kalo cuma analisa dr kejauhan aja dan cuma hanya gambar anak kecil jg bisa. Jgn mentang2 prnah tinggal di Iran 3 tahun lalu trs kamu tahu ttg Iran hari ini. Atau cuma mengandalkan berita bohong dr temen2 anda
    pembohong berteriak bohong….

  20. rachelcorrie berkata:

    sony gag bisa bahasa inggris kali bu.dina maklumkan saja…

  21. Yudha P Sunandar berkata:

    mantaps, mba Dina. bukti2 seperti ini harus semakin banyak, supaya masyarakat tahu rekayasa pemberitaan di media massa mainstream d dunia.

    cuman, kalo saya coba lihat lebih detail, tampakny foto tersebut berasal dari 2 foto yang berbeda, tetapi event-ny sama. sejauh pengamatan saya, foto tanpa Ahmadinejad bukanlah foto hasil crop dari foto yang ada Ahmadinejadnya. tapi, ya itu tadi, event-ny sama.

    terima kasih banyak, mba 🙂

  22. […] Media mainstream berkali-kali melakukan kebohongan dalam pemberitaan konflik di beberapa negara, misalnya Irak, Iran, Libya, dan yang terbaru, di Syria. Dulu, di Iran, misalnya, BBC memasang foto tipuan untuk memberitakan banyaknya massa anti-Ahmadinejad. Lengkapnya silahkan baca di sini. […]

  23. A.Gazie T berkata:

    bukankah mereka – barat- termasuk media masanya mengagungkan kebebasan berekspresi, termasuk membohongi negara berkembang, mudahan ini tidak dijiplak oleh saudara saudara kita di Indonesia, dan kebohongan ini tidak membutakan matahati saudara kita dlm negri.

  24. Erba Syam berkata:

    Salam wa rahmah….for you bunda “dinasulaeman” …

  25. KGPA. Arifuddin berkata:

    Assalamualaikum … lama gk nongol di Blognya bu Dina .. saya kira konspirasi media merupakan strategi untuk memenagkan perang baik kebijakan simetris ataupun asimetris .. media tetap paling dominan .. negara barat terbiasa dengan kebohongan sehingga media berat mainstreamnyapun terbiasa dengan kebohongannya :-0

  26. Hasan berkata:

    Tafsir surah Muhammad ayat 38 oleh Jalaluddin al-Suyuthi

    وَآَخَرِينَ مِنْهُمْ لَمَّا يَلْحَقُوا بِهِمْ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

    “dan (juga) kepada kaum yang lain dari mereka yang belum berhubungan dengan mereka. Dan Dialah yang maha perkasa lagi maha bijaksana”

    Jalaludin as-Suyuhti kemudian mengeluarkan hadis ini:

    قال ، له رجل : يا رسول الله من هؤلاء الذين لم يلحقوا بنا؟ فوضع يده على رأس سلمان الفارسي وقال : » والذي نفسي بيده لو كان الإِيمان بالثريا لناله رجال من هؤلاء

    “Seorang lelaki bertanya: Wahai Rasulullah, siapakah mereka yang belum berhubungan dengan kami? Maka baginda meletakkan tangan di atas kepala Salman al-Farisi dan berkata: Demi jiwaku ditanganNya, jika iman itu terletak dibintang Suriya, niscaya akan dicapai oleh lelaki-lelaki dari mereka.” terbuktilah kebenaran islam lagi

    saya cinta Persia

Komentar ditutup.

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: