Kajian Timur Tengah

Beranda » kajian timur tengah » Salah Satu Bukti?

Salah Satu Bukti?

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Banyak versi analisis terkait kebangkitan rakyat Timur Tengah. Salah satu yang menarik adalah analisis dari Ayatullah Khamenei yang menyatakan bahwa akar kebangkitan rakyat Timur Tengah adalah kesadaran rakyat muslim yang sekian lama tertindas oleh Barat dan rezim-rezim boneka mereka. Analisisnya bisa dibaca di artikel ini: Mesir dan Tunisia: Analisis dari Iran dan Memetakan Konflik Libya dengan Paradigma dari Iran.

Menarik sekali bahwa Republika online hari ini merilis berita yang isinya seolah bukti dari analisis dari Iran itu: mayoritas rakyat Mesir menginginkan pemerintahan Islam.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO–Hasil survei terbaru menunjukkan bahwa mayoritas rakyat Mesir mendukung pemerintah Islam dan demokrasi. Jajak pendapat itu diikuti oleh 1.000 warga Mesir dan 60 persen di antaranya menginginkan pembentukan pemerintahan Islam yang berdasarkan nilai-nilai demokrasi sejati. Hasil jajak pendapat itu diterbitkan oleh koran beroplah besar Mesir, al-Ahram (11/5).

Sementara itu, 24 persen responden lebih menekankan pada nilai-nilai demokrasi tanpa menyebutkan agama secara eksplisit. Hanya empat persen dari responden yang mendukung pembentukan pemerintahan sekuler di Mesir sementara tiga persen sisanya menyatakan pemerintahan junta militer cocok untuk masa depan Mesir.

Jajak pendapat itu dilakukan dua bulan setelah revolusi rakyat Mesir berhasil menggulingkan rezim Hosni Mubarak yang didukung AS. Rakyat Mesir menuntut pelaksanaan pemilu bebas, transparan, dan adil pasca penggulingan rezim Mubarak, dan menekankan bahwa rakyat yang harus menentukan jenis pemerintahan mendatang.

Mereka juga menuntut para pejabat militer yang berkuasa saat ini segera memutuskan hubungan dengan rezim Israel dan mencabut blokade atas Jalur Gaza.

Partai-partai politik Mesir menilai blokade Gaza merupakan bentuk pelayanan terhadap kepentingan Israel dan Amerika Serikat serta berpotensi mengancam stabilitas regional dan independensi negara.

Rezim Mubarak mengikuti langkah Israel memblokade Jalur Gaza, setelah Hamas memenangi pemilihan umum yang berlangsung di Palestina pada tahun 2007.

Sumber: Republika

Iklan

6 Komentar

  1. ulie berkata:

    teteh kangen tulisan2nya~
    pengen pesan pelangi di persia, saya sudah add di yahoo, cuma belum ktemu kapan ol-nya
    mksh n keep spirit
    may Allah always bless bless u

  2. ulie berkata:

    mw bgt teteh, tapi ngatur waktu n tmpatnya kumaha? hehehe ada temen juga yg mw join teh. seneeeeeeeng 🙂 tengkyu tengkyu tengkyu

Komentar ditutup.

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: