Kajian Timur Tengah

Beranda » Syria » Siapa Bunuh Syekh Buthy? (1)

Siapa Bunuh Syekh Buthy? (1)

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Sebuah video pendek sejak kemarin banyak diposting ulang friends FB saya yang simpatisan mujahidin, dengan komentar, “Inilah bukti bahwa Syekh Buthy tidak tewas karena ledakan bom, melainkan karena ditembak oleh agennya Assad.” Seolah, mereka ‘lega’, akhirnya punya bukti untuk menunjukkan bahwa Assad-lah yang membunuh ulama sekaliber Syekh Buthy; bukan mujahidin.

Sebelumnya, HizbutTahrir Syria sudah merilis pula statemen, yang menuduh Assad pelakunya, dengan alasan antara lain: ruang dalam masjid tdk berantakan (katanya dibom?!), ada sepatu berserakan di masjid (kok bisa?!).

Nah, buat yang ngerti bahasa Arab, meski sedikit, baik sekali bila melihat film dokumenter satu ini. Di bagian awal, muncul seorang pengamat yg mengemukakan argumen2 mirip yang disampaikan HT Syria itu. Lalu, argumen itu ditelaah satu-satu dgn memperlihatkan berbagai sudut masjid pasca ledakan. Bahkan dibuatkan simulasi komputer ledakan itu, dan disertakan pula rekaman CCTV di masjid lain di Irak yang juga pernah terjadi ledakan (dan membuktikan tidak aneh kalau kerusakan dalam masjid adalah kerusakan minor, ini bergantung jenis bomnya); dan juga dianalisis keanehan dari video pendek yang baru tersebar itu. Perhatikan, kursi dan back ground mimbar di video pendek, beda dengan kursi dan background mimbar di masjid ‘asli’.

Sekedar info, di menit ke 20:06, ada rekaman wawancara Yusuf Qardhawi terkait Syria di televisi Al-Jazeera; Qardhawi mengatakan, “Orang-orang yang bekerja sama dengan penguasa, wajib bagi kita untuk memerangi/membunuh mereka semua (yajib an nuqaatilahum jamii’an), baik itu dari kalangan militer, orang sipil, ulama…”

Di menit 10:04, dijawab argumen HT Syria soal sepatu di dalam masjid; ternyata di sana org bisa bawa sepatu ke dalam masjid tapi dimasukkan ke kantong khusus.

Ini video pendek yg saya maksud di awal tulisan:

foto kiri: mimbar masjid AL Iman (tempat terbunuhnya Syekh Buthy), foto kanan: mimbar masjid, di video pendek.

528196_537610752958282_1622416586_n

Iklan

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: