Kajian Timur Tengah

Beranda » Uncategorized » Kenapa Iran Tidak Pernah Menyerang Israel?

Kenapa Iran Tidak Pernah Menyerang Israel?

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Sebelumnya saya pernah menjawab pertanyaan serupa, tetapi pakai ‘bahasa’ studi HI (kalkulasi hard power-soft power). Bisa baca di sini: https://dinasulaeman.wordpress.com/2012/11/21/mengapa-iran-tak-serang-israel/. Sementara itu, artikel yang ini memberikan jawaban dengan cara yang sederhana, tapi telak dan sangat logis. Selamat membaca.

Kabar tentang Dunia Islam

“Kenapa Iran Tidak Pernah Menyerang Israel?”. Itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh awam.

Kalau kita lihat Peta, posisi Arab Saudi dan Turki itu lebih dekat dibanding Iran. Pertanyaan yang sama bisa kita ajukan ke Turki dan Arab Saudi..

Jawabnya ada beberapa macam.

Pertama jaraknya jauh. Silahkan lihat peta di atas. Ini sama halnya dengan kita bertanya kenapa Turki, Yaman, Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia tidak pernah menyerang Israel. Karena jaraknya cukup jauh dan terhalang oleh beberapa negara. Untuk menyerang dengan 100 ribu pasukan misalnya, paling tidak butuh 100 kapal perang yang bisa memuat 1000 pasukan. Itu pun kapalnya harus dipersenjatai canggih. Jika tidak bisa dirudal atau dibom oleh pesawat tempur AS / Israel dengan mudah.

Kalau lewat Laut Merah, kemudian terusan Suez yang sempit, mudahkan bagi AS untuk merudal kapal2 Iran yang membawa 100.000 prajuritnya? begitu pula kalau pakai pesawat Herkules mudah sekali di rudal. Sedang kalau dengan pesawat tempur…

Lihat pos aslinya 1.422 kata lagi

Iklan

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: