Kajian Timur Tengah

Beranda » Amerika » Rick Steves (Travelwriter) on Iran

Rick Steves (Travelwriter) on Iran

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Film ini buat saya menarik banget. Rick Steves seolah sedang ‘menceritakan’ ulang apa yang saya tulis di di buku Journey to Iran (tentu saja dengan menggunakan perspektifnya sbg traveler non-muslim Amerika). Foto-foto yang ditampilkan juga membuat saya tersenyum dan membatin, “eeh..aku pernah ke sana..” Dan saya jadi agak iri pada Steves. Orang-orang desa Abyaneh (desa kuno berusia ribuan tahun) ramah dan mau difoto oleh Steves… padahal pas saya dulu ke sana, mereka sama sekali  ga mau difoto (bahkan ada orang Iran yang nekad memfoto penduduk asli, langsung dibentak oleh seorang nenek2…)

Buat ibu-ibu peserta World Conference on Women and Islamic Awakening, film ini juga bisa buat nostalgia (terutama saat lihat foto kota Isfahan, wanita-wanita Iran, juga lobby hotel Esteghlal, pemandangan kota Tehran dari jendela hotel, makanannya.. dan inget gak, itu lho minuman kayak susu yang rasanya aseeem banget :D)

Thank’s buat M. Fahdillah Rhani yang sharing video ini, dengan mengutipkan kata-kata Mark Twain’s : “Travel is fatal to prejudice, bigotry, and narrow-mindedness, and many of our people need it sorely on these accounts. Broad, wholesome, charitable views of men and things cannot be acquired by vegetating in one little corner of the earth all one’s lifetime.”

dan ini film dokumenter yang dibuat Steves:

Arsip 2007 ~ Sekarang

