Kajian Timur Tengah

Beranda » Indonesia » Ayo Galang Dana untuk Pengungsi Suriah!

Ayo Galang Dana untuk Pengungsi Suriah!

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

syrian-refugee-campSituasi Suriah sungguh tragis. Pasukan jihad yang datang dari 86 negara di dunia beramai-ramai menyerang negeri itu, menimpakan kerusakan yang sangat parah dan mengakibatkan korban tewas atau luka yang sangat banyak.

Jumlah pengungsi pun melonjak tajam. Hingga saat ini badan PBB yang menangani masalah pengungsi UNHCR mencatat lebih dari 2,3 juta pengungsi dari Suriah tersebar ke negara-negara seperti Irak, Turki, Jordan dan Libanon. Lebih dari satu juta diantaranya mengungsi ke Iraq, Turki dan Jordan, sedangkan menurut catatan UNHCR jumlah pengungsi yang tercatat (registered refugees) di Libanon mencapai sekitar 800 ribu jiwa [1], dan sekitar 54 ribu jiwa dalam proses menunggu registrasi (catatan UNHCR per tanggal 26 Desember 2013). Pemerintah Libanon memperkirakan jumlah pengungsi di Libanon sesungguhnya mencapai 1 juta jiwa. Mereka kini hidup dalam tenda-tenda dan fasilitas yang sangat minim, di tengah musim salju yang dahsyat.

Apa yang bisa kita lakukan? Untuk menyumbang dana pun, selama ini (sebagian) kita  kebingungan, mana lembaga yang bisa dipercaya, yang benar-benar menyalurkannya untuk pengungsi (bukan untuk para teroris); yang membagikannya sama rata, tanpa peduli apa mazhabnya; karena biasanya para penggalang dana yang ada selama ini jelas sekali kebencian dan sektarianismenya, terlihat dari bahasa-bahasa kasar yang mereka pakai dalam menggalang dana (dan bahkan pakai foto-foto palsu).

Alhamdulillah kini ada lembaga non-sektarian yang berinisiatif menggalang dana khusus untuk pengungsi Suriah. Penanggung jawabnya menyatakan kepada saya bahwa bantuan akan diantar langsung (ybs pernah juga ke Gaza untuk mengantarkan bantuan rakyat Indonesia).

Silahkan klik Soekarno Care untuk info selengkapnya. Mari kita tunjukkan solidaritas kita kepada para pengungsi Suriah.

 

Baca juga: Ayo, Bantu Korban Banjir Indonesia

Disclaimer: bila di bawah tulisan ini ada iklan tidak nyaman dilihat, mohon maaf, ini ‘kerjaan’ WordPress-nya 😦

Iklan

1 Komentar

  1. […] banjir. Ada banyak organisasi yang mengelola bantuan. Beda kalau mengirim bantuan ke Palestina atau penggalangan dana untuk pengungsi Suriah, kita perlu check dan recheck karena penyaluran bantuan tidak kelihatan di depan mata. Untuk  […]

Komentar ditutup.

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: