Kajian Timur Tengah

Beranda » Indonesia-Israel » Boikot Israel, Perlawanan Tanpa Mesiu

Boikot Israel, Perlawanan Tanpa Mesiu

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
sumber foto: merdeka.com

sumber foto: merdeka.com

Tulisan terbaru saya, dimuat di www.liputanislam.com Beberapa kali saya dapati pertanyaan: buat apa sih memboikot Israel? Apa gunanya? Jawabannya ada di tulisan ini.

Boikot Israel, Perlawanan Tanpa Mesiu

Dina Y. Sulaeman*

Mengapa Israel harus diboikot? Karena, rezim Zionis yang berkuasa saat ini adalah rezim telah melakukan kejahatan kemanusiaan. Sejak berdiri tahun 1948, Rezim Zionis terus melakukan pembunuhan, pengusiran, penangkapan, dan diskriminasi terhadap warga Arab-Palestina. Mereka juga melakukan merebut lahan, menghancurkan rumah dan kebun-kebun zaitun milik warga Palestina. Meskipun sejumlah negara tetap mengupayakan agar ada perdamaian antara Israel dan Palestina, namun selama penguasa di Israel adalah Rezim Zionis, perdamaian itu tidak akan terwujud.

Karena itu, Rezim Zionis inilah yang harus ditumbangkan. Cara non-violence (tanpa kekerasan) untuk menumbangkan sebuah rezim adalah dengan memboikotnya secara ekonomi. Hal inilah yang dulu dilakukan komunitas internasional saat menumbangkan sebuah rezim brutal di Afrika Selatan, yaitu Rezim Apartheid. Setelah rezim rasis ini tumbang, dibentuk pemerintahan baru yang memperlakukan warga kulit hitam dan kulit putih Afsel setara, tanpa diskriminasi.

Sejak tahun 1973, sejumlah bank asing mempersulit pencairan kredit kepada Afsel; sejumlah perusahaan menutup kantornya. Pada pertengahan tahun 1980-an, negara-negara besar dunia, baik Eropa maupun AS, serta Jepang, secara resmi memboikot Afsel. Tepat tahun 1990, rezim Apartheid pun tumbang dan Nelson Mandela terpilih sebagai presiden.

Apakah prosesnya terjadi begitu saja? Tentu saja tidak. Semua dimulai dari gerakan masyarakat madani.

Pembahasan selengkapnya silahkan dibaca langsung di webnya: Boikot Israel, Perlawanan Tanpa Mesiu

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: