Kajian Timur Tengah

Beranda » Indonesia » Amnesia Ketiga: Mereka Yang Mendadak Anti-Hoax

Amnesia Ketiga: Mereka Yang Mendadak Anti-Hoax

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Menggelikan sekali melihat para pendukung ‘jihad’ Suriah dengan ‘suka cita’ menyebarluaskan berita klarifikasi tentang video palsu penyembelihan jurnalis AS, James Foley. Seolah dengan cara itu mereka menyelamatkan muka yang telah tercoreng akibat perilaku brutal ISIS. Seolah dengan cara itu mereka membalas kecaman dunia terhadap jihad salah kaprah yang mereka dukung, dengan berkata, “Tuh kan, ini video hoax! Makanya tabayun, cek and ricek! Para jihadis di Suriah itu sedang memperjuangkan khilafah dan tegaknya syariat, makanya difitnah oleh musuh-musuh Islam.”

Saya belum pernah berkomentar tentang video penyembelihan Foley. Pertama, karena saya tidak sanggup lagi melihat video brutal. Sudah cukup saya jatuh sakit selama dua bulan selama penulisan buku Prahara Suriah, akibat rasa shock saat harus memverifikasi foto-foto dan video-video sadis. Padahal itupun saya banyak mendapatkan bantuan dari blogger dan facebooker dari berbagai penjuru dunia yang sama-sama berjuang untuk membongkar kepalsuan jihad Suriah.

Mereka, para pendukung jihad itu (bersama media mainstream sekelas CNN, BBC, dll), menyatakan bahwa foto-foto dan video-video itu bukti-bukti kekejaman Assad (dan atas alasan itulah Assad harus digulingkan, kata mereka). Dan ternyata itu semua foto dan video hoax. Di antara buktinya, bisa dibaca di buku saya Prahara Suriah, atau bisa download Kumpulan Pemalsuan Data Konflik Suriah yang dibuat para blogger (bila link tidak bisa dibuka, google saja dengan kata kunci ‘kumpulan pemalsuan data konflik suriah’, saya lihat banyak yang upload di web masing-masing).

Sekedar contoh saja, ini salah satu foto yang disebarluaskan para simpatisan jihad itu (sekalian minta donasi):

foto-palsu-iraq3Dan ternyata itu foto korban bom mobil di Irak (dan harap ingat, kelompok yang gemar melakukan pembunuhan dengan bom mobil di Irak, Suriah, Lebanon adalah Al Qaida dan afiliasinya)

foto-asli-iraq3

Atau, tonton di video pendek yang saya buat ini:

 

Kedua, sayapun sejak awal memang sengaja menanti. Video palsu soal Suriah (dan aneh bin ajaibnya, selama ini peminat terbesarnya justru para pendukung jihad itu, mereka menyebarluaskan dengan semangat ‘dakwah’) sudah terlalu banyak dibuat. Cepat atau lambat akan muncul klarifikasi video tersebut. Atau, bila video itu benar, juga akan muncul konfirmasi dari pihak berwenang, misalnya PBB.

Dan benar saja, muncul beberapa artikel analisis tentang kehoaxan video itu. Satu yang saya tonton penuh (karena tidak ada adegan berdarah) adalah video ini (video ini hanya membahas apakah yang disembelih benar Foley atau bukan; dan tidak membahas apakah kejadian penyembelihan asli atau hoax):

 

Tapi saya tidak sedang fokus pada hoax atau tidaknya video itu. Fokus saya pada sikap amnesia para pendukung ‘jihad’ dan pendukung ISIS (meski akhir-akhir ini sebagian dari mereka mengaku tidak dukung ISIS, padahal jelas-jelas mereka -kali ini yang saya maksud adalah Hizbut Tahir- sejak awal berbaiat kepada Jabhah al Nusra yang semula bersekutu dengan Al Qaida Irak-cikal bakal ISIS, silahkan baca tulisan saya sebelumnya: Kemenangan Tentara Suriah dan Hizbut Tahrir). Mereka dulu mengabaikan kehoaxan foto-foto itu dan berkata “foto keliru aja diributin!

Mengapa ketika angin bertiup merugikan kalian, kalian ribut atas berita hoax (yang merugikan kalian)? Tapi kalian tak peduli pada jutaan berita hoax lainnya yang sejak 2012 kalian sebarluaskan dan membuat Suriah hancur lebur, jutaan rakyatnya mengungsi, terbunuh, perempuannya diperkosa, gadis-gadisnya dijual dan dikawinkan paksa kepada orang-orang Arab kaya, dll? Berita hoax yang dulu kalian sebarkanlah yang membuat konflik Suriah-Irak hari ini semakin mengerikan.

Sungguh, saya doakan agar kalian terbangun dari amnesia panjang ini. Karena, kalian dengan berdarah dingin telah menyebarkan hoax soal Suriah dan berhasil membuat negeri indah itu hancur; saya khawatir kalian akan melakukan hal yang sama di negeri saya tercinta, Indonesia.

Baca tulisan saya sebelumnya:

Baca:

Amnesia-nya Pendukung ISIS

Amnesia Kedua: ISIS Adalah Pengalihan Isu Gaza?

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: