Kajian Timur Tengah

Beranda » Indonesia » Pil Pahit dari Andre

Pil Pahit dari Andre

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

OLYMPUS DIGITAL CAMERAMembaca tulisan Andre Vltcheck ini, rasanya pahit sekali. Negeri ini tampil sedemikian buruk dalam tulisannya. Sebagai orang Indonesia asli yang tinggal di Indonesia, yang dituliskannya sebagiannya saya rasakan, saksikan, atau dengarkan.  Tapi kemudian, terabaikan, larut dalam rutinitas. Mungkin seperti kalau kita masuk WC, menahan bau sebentar, lalu terbiasa, dan tak peduli lagi.

Tapi, ketika ada “orang luar” yang menuliskannya, muncul sikap defensif yang salah, tapi entah mengapa terasa wajar. Mungkin karena terbiasa pada budaya untuk tampil ‘gaya’, biarpun  miskin dan tak punya apa-apa. Budaya yang ditumbuhkan selama puluhan tahun oleh pemerintah yang memperbaiki jalanan kampung dengan buru-buru karena esok hari akan datang pejabat dari pusat; atau membeli mobil-mobil mewah untuk menyambut tamu-tamu asing.

Tapi, pil pahit itu harus ditelan, cermin retak itu harus ditatap baik-baik. Hanya kalau kita menyadari apa yang telah/sedang terjadi, kita akan mampu berjuang membangun Indonesia yang lebih baik.

BANGKAI INDONESIA YANG MENGERIKAN – 50 TAHUN SETELAH KUDETA
Ditulis oleh: Andre Vltchek, diterjemahkan oleh: Rossie Indira

Tahun lalu, saya sama sekali tidak berkunjung ke Indonesia. Saya merasa tidak lagi bisa tahan untuk berada di sana. Indonesia membuat saya tidak enak badan. Saya merasa sakit, baik secara psikologis maupun fisik.

Indonesia mungkin sudah matang menjadi negara paling korup di bumi ini, dan mungkin sebuah tempat yang paling terindoktrinasi dan tidak punya belas kasih. Di sini, bahkan korban tidak lagi menyadari kondisi mereka sendiri. Para korban merasa malu, sedangkan para pembunuh massal dengan bangganya membual tentang pembunuhan-pembunuhan dan perkosaan-perkosaan mengerikan yang telah mereka lakukan. Kader-kader pelaku genosida ada di seluruh jajaran pemerintahan.

Selanjutnya silahkan klik situs badakmerah

(baca juga review buku Andre “Indonesia: Archipelago of Fear” oleh seorang remaja berusia 15 tahun)

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: