Kajian Timur Tengah

Beranda » Suriah » Film: Topeng Teror White Helmets

Film: Topeng Teror White Helmets

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Sejak awal perang Suriah, foto dan video hoax sudah sangat banyak disebarkan, bahkan oleh media-media mainstream. Bila foto dan video yang digunakan adalah foto dan video lama yang didaur ulang (misal, BBC menggunakan foto mayat di Irak yang disebut sebagai korban senjata kimia Assad) umumnya mudah terbongkar. Namun ada juga foto dan video hoax yang “sengaja dibuat”. Untuk membongkarnya, perlu pengetahuan medis, misalnya cara pertolongan pertama pada korban senjata kimia, atau reaksi/ekpresi korban senjata kimia yang asli, sehingga bisa mendeteksi keanehan akting orang-orang dalam sebuah video. Misalnya yang dilakukan oleh Robert Stuart saat membongkar hoax video BBC.

White Helmets adalah lembaga “relawan” yang sangat terkenal , dipuji-puji, sering menjadi sumber pemberitaan media Barat, dan bahkan dinominasikan meraih Nobel. Video-video “penyelamatan” yang diproduksi WH sangat tipikal (skenario mirip), bahkan ada anak yang sama muncul di beberapa video yang berbeda.  Bocah di Kursi Oranye adalah salah satu video karya WH yang paling terkenal. Cara membongkar hoaxnya adalah dengan mengamati seksama videonya: ambulans yang canggih dan mulus (padahal konon sedang di zona perang yang selalu dibombardir Rusia), si anak disuruh duduk begitu sana bermenit-menit, bukannya langsung ditangani dokter, melacak jejak digital orang yang muncul di dalam film itu (Mahmoud Raslan), dst.

omran-daqneesh

Mahmoud Raslan dan Bocah di Kursi Oranye (Omran Daqneesh)

Film ini memiliki nilai penting karena dibuat pasca pembebasan Aleppo timur, sehingga jurnalis Anna News bisa datang langsung ke 5 markas White Helmets dan mewawancarai penduduk lokal di sekitar markas, dan menemukan berbagai hal mengejutkan tentang organisasi ini.

Disclaimer: penerjemahan ini bukan karya profesional, semata-mata ingin membantu teman-teman yang kesulitan memahami bahasa Inggris. Jadi harap maklumi saja kalau banyak kekurangan di sana-sini. Diterjemahkan bebas dari subtitle English (video asli bhs Rusia).

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: