Kajian Timur Tengah

Beranda » Yaman » Yaman yang Terlupakan

Yaman yang Terlupakan

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

yemen-saudi-2

Seseorang bertanya di Fanpage saya, mengapa sedikit sekali tulisan tentang Yaman. Tulisan ini menjawab pertanyaan itu.

Konflik di Yaman memang seolah terlupakan oleh publik Indonesia. Padahal korban bombardir Saudi di Yaman (sejak Maret 2015) sangat mengerikan: 11.403 orang tewas,19.343 luka (yang tewas dan luka, mayoritas prp dan anak). Jumlah bangunan yang hancur: 380.366 bangunan perumahan, 719 sekolah, 108 gedung universitas, 263 rumah sakit, 675 masjid, dan 1.553 gedung pemerintah (data Nov 2016) [1]

Sebab sepinya suara soal Yaman, sederhana saja. Yang amat berisik soal Suriah di Indonesia adalah ormas-ormas yang mendapatkan dana dari negara-negara Arab dan Teluk. Padahal, di Yaman, agresornya adalah Arab Saudi dengan dibantu AS, Israel, dan negara-negara Arab. Bisa distop aliran dananya kalau mereka berani membela rakyat Yaman (sebagaimana mereka mengaku “membela” rakyat Suriah). Ormas-ormas itu hanya bisa berteriak Syiah-Syiah untuk menjelaskan konflik Yaman (seolah, karena orang Yaman sebagiannya Syiah, sah-sah saja dibombardir Saudi. Data UNHCR: 53% populasi Muslim Yaman adalah Sunni, dan 45% Syiah). Selain itu, media massa internasional juga sangat berisik memberitakan soal Suriah (dengan berpihak kepada pemberontak/teroris).

Dan karena keberisikan mereka soal Suriah itulah saya jadi jarang menulis soal Yaman. Waktu saya yang amat terbatas, habis untuk membahas berbagai hoax mereka soal Suriah.

Untuk mencerna konflik Yaman sebenarnya tidak sulit-sulit amat. Asal punya basis logika yang kuat, sudah cukup. Berikut ini analisis “gampang”-nya:

APAKAH ALASAN SAUDI MENYERANG YAMAN?

-Jika karena alasan Syiah, bukankah di Arab Saudi sendiri juga banyak Syiah?
-Jika dengan alasan membasmi pemberontak (bughot), mengapa pemberontak di Suriah malah didukung Arab Saudi?
-Jika dengan alasan Syiah, mengapa yang diserang Arab Saudi bukan Iran?

-Jika Arab Saudi sedang memberikan bantuan kemanusiaan untuk warga Yaman, mengapa menggunakan bom, korban yg berjatuhan pun dari pihak sipil (wanita dan anak kecil)?
-Jika Arab Saudi sedang memperjuangkan agama Islam, mengapa dibantu AS dan Israel?
-Jika Arab Saudi sedang membantu sesama Arab (rezim Mansur Hadi yang minta perlindungan), bukankah Palestina juga sangat Arab? Mengapa setelah berlalu puluhan tahun, Saudi tak juga menyerang Israel yang menindas warga Arab Palestina?
-Jika Arab Saudi ingin menegakkan demokrasi (melindungi rezim Mansur Hadi), bukankah Arab Saudi sendiri adalah rezim monarkhi non- demokratis?

APAKAH INI KONFLIK SUNNI-SYIAH?

-Saat Hosni Mubarak (Sunni) digulingkan melalui aksi-aksi demo masif rakyatnya sendiri, Arab Saudi secara resmi menentang penggulingan itu, tapi tak melakukan apapun.

-Saat Presiden Mursi dikudeta, Saudi mengucapkan selamat pada Jenderal Al Sisi (Sunni) dan memasukkan Ikhwanul Muslimin (Sunni) sebagai organisasi teroris.

-Saat Presiden Bashar Assad (dituduh Syiah) diperangi oposisi dan pemberontak, Saudi mendukung (dan membiayai) pemberontak itu.

-Saat rakyat Bahrain (sebagian Sunni, sebagian Syiah) berdemo besar-besaran untuk menuntut raja dari dinasti Al Khalifah (Sunni) mundur, Saudi mengirim pasukannya untuk menembaki dan menangkap para demonstran.

-Saat rakyat Palestina (mayoritas Sunni) lebih 60 tahun berjuang melawan Israel yang menjajah tanah air mereka, Saudi diam saja.

-Saat rakyat Yaman dari berbagai faksi dan mazhab (Sunni dan Syiah) berdemo besar-besaran memprotes rezim Mansour al Hadi, Saudi membombadir Yaman.

KESIMPULAN: peta lawan-dan-kawan Saudi sangatlah acak, tidak melulu Sunni atau melulu Syiah. Jadi akar konflik di Yaman dan Timteng bukan mazhab, tapi kepentingan (uang & kekuasaan).

Sumber: FB Kyai Zainal, Dudi, Ismail Amin.

[1]  http://www.presstv.ir/Detail/2016/11/14/493485/Saudi-airstikes-Yemen-Ibb

Analisis yang berupa artikel utuh, bisa dibaca di tulisan saya berikut ini:
Ada Apa dengan Yaman?

Nestapa Yaman, Perbincangan dengan Perempuan Ansarullah (1)
Nestapa Yaman, Perbincangan dengan Perempuan Ansarullah (2)

Iklan

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: