Kajian Timur Tengah

Beranda » Suriah » Mengapa Suriah Penting Dipahami Orang Indonesia?

Mengapa Suriah Penting Dipahami Orang Indonesia?

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
Iklan
protes rakyat lawan teroris1

warga East Ghouta demo mengusir teroris, bendera Suriah mereka kibarkan (sumber)

Barusan saya melihat video seorang mantan pejabat tinggi yang mengendorse publik agar menyumbang untuk rakyat Ghouta via sebuah lembaga donasi. Menyumbang untuk korban perang tentu baik dan mulia. Tapi masalahnya, narasi yang beliau katakan persis plek versi Barat dan versi kubu pro-jihadis: “Kita sangat sedih mendengar berita bahwa di Ghouta timur telah terjadi pengeboman terhadap penduduk sipil…”

Beliau dan siapa saja yang berpendapat serupa karena “mendengar berita”, perlu menonton video berikut ini, wawancara pengamat politik dari Inggris, Dr. Marcus Papadopoulos (ada terjemahan Indonesia).

Atau, bisa juga tonton video jurnalis cantik AS Rania Khalek.

Mereka berdua menjelaskan dengan kalimat sederhana, tentang SIAPA YANG ADA DI EAST GHOUTA, siapa yang sebenarnya dibombardir militer Suriah?

Jawaban dari pertanyaan “SIAPA” itu faktual dan objektif. Yang berada di E.Ghouta dan menjadi sasaran gempuran militer Suriah adalah Jaish al Islam, Faylaq ar Rahman, Hay’at Tahrir Al Sham, Harakat Nour al-Din al-Zenki, dan Harakat Ahrar al-Sham al-Islamiyya. Mereka ini bersenjata tempur lengkap, gak kalah dari senjata yang dimiliki negara. [1]

JADI, secara faktual, mereka ini BUKAN rakyat sipil, tapi petempur.

PERSEPSI kita yang menentukan bagaimana kita memandang mereka. Milisi-milisi jihad itu berafiliasi dengan ormas-ormas transnasional yang punya cabang di Indonesia (Al Qaida, Hizbut Tahrir, Ikhwanul Muslimin, dll). Bagi mereka ini, milisi tersebut mulia, sedang berjihad, bla..bla..

Tapi kubu moderat pro-NKRI akan melihatnya berbeda. Bayangkan bila di Bekasi bercokol milisi-milisi bersenjata yang tiap hari menembakkan ratusan mortir/bom ke Jakarta. Bahkan mereka meracuni sumber air yang dikonsumsi penduduk Jakarta. Apakah Anda DIAM SAJA dan menganggap mereka itu mujahidin mulia?

Simak cerita warga Indonesia di Damaskus, tentang apa yang dilakukan para “mujahidin” itu terhadap warga Damaskus selama ini. [2]

Di bawah saya kasih link video rakyat Suriah bergembira atas kedatangan tentara Suriah. [3]

Menyumbang untuk kemanusiaan jelas sangat mulia. Orang Suriah memang perlu dibantu.

Tapi, khusus untuk konflik Suriah, kita sangat perlu berhati-hati dan MEMASTIKAN bahwa dana yang kita sumbangkan benar-benar untuk rakyat yang menderita, bukan ke milisi bersenjata (yang sekali lagi, berasal dari ormas-ormas  yang punya cabang di Indonesia).

Menurut ulama Suriah, Prof Dr. Syarif Sawwaf saat berkunjung ke MUI Jakarta (9/3), seperti dikutip CNN Indonesia: kabar hoax menyebarkan fitnah dan propaganda yang memperkeruh suasana Suriah. Adapun asal memberikan donasi mengatasnamakan Suriah bisa berdampak amat berbahaya, karena selama ini banyak donasi yang justru disalurkan kepada pemberontak untuk membeli senjata yang akan terus digunakan ‘membakar’ Suriah. [4]

Terakhir, selama 6 tahun ini berbagai pihak mengadakan penggalangan dana dengan cara-cara kotor, yaitu memprovokasi simpati massa dengan info-info takfiri, penuh fitnah dan hoax. Kebencian itu bagai api, akan membakar ke segala penjuru. Dampaknya sudah sangat terasa di atmosfir Indonesia: kebencian meruyak ke segala arah; melebar ke semua isu. Fasisme atas nama agama dengan cara mengusung kebencian semakin merajalela.

Sumber penyakit kebencian akut massal ini adalah info hoax soal Suriah. Karena itu sangat aneh bila organisasi anti hoax terkemuka di Indonesia seolah mengabaikan isu ini.

Tapi biarlah orang lain mau peduli atau tidak. Follower fanpage ini, saya yakin, cinta NKRI dan mau melakukan perlawanan, meskipun kecil dan seolah menggarami lautan.

—-

[1] Ini cerita mhsw Indonesia di Suriah ttg kejahatan “jihadis”:  klik di sini

[2] Nama2 milisi yang ada di E. Ghouta, dari dw.com

[3] Video rakyat E.Ghouta sambut kedatangan tentara Suriah klik di sini

[4] Ulama Suriah Minta MUI Bendung Kabar Hoaks , CNN Indonesia

Info dari Alumni Suriah: sumbangan kemanusiaan bisa disalurkan melalui kemitraan PPI Damaskus dan Kedutaan Indonesia di Damaskus. Baca di sini

Iklan

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: