Kajian Timur Tengah

Beranda » Indonesia » #CumaNanya

#CumaNanya

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
Iklan

syria-turki-ghouta

Kali ini kita mempelajari konflik Suriah dengan menggunakan peta ya.

Lihat peta. Ghouta itu jaraknya sekitar 450an kilometer dari Reyhanli. Reyhanli itu ada di wilayah Turki (bukan Suriah). Provinsi di Suriah yang terdekat dari Reyhanli adalah Idlib.

Idlib itu adalah tempat evakuasi para milisi (kelompok-kelompok “jihad” yang sudah menyerah kalah di berbagai wilayah, termasuk Aleppo dan Ghouta timur; mereka tidak dibantai oleh tentara Suriah, melainkan diantarkan dengan bis-bis berwarna hijau ke Idlib)

Lembaga pengepul donasi A** menyatakan di Fanpage-nya (tanggal 26 Maret 2018):
“A** menjadi perwakilan dari Bangsa Indonesia, memboyong total 5.000 paket pangan dari Kota Mersin menuju Kota Reyhanli….Salurkan bantuan terbaik Anda untuk Ghouta, Suriah dengan klik link …/selamatkanghouta”

Pertanyaannya:

■Bila donasi itu diberikan kepada pengungsi Suriah di perbatasan Turki, mengapa link donasinya tetap “selamatkan Ghouta”? Jadi ini paket pangan untuk pengungsi di Reyhanli atau di Ghouta?

■Bila donasi yang digalang adalah untuk Ghouta, mengapa donasi tidak diberikan saja kepada ratusan ribu warga Ghouta yang saat ini terpaksa hidup di tempat penampungan?

■Bila donasi memang benar untuk warga sipil Ghouta (bukan untuk jihadis di Idlib pindahan dari Ghouta), mengapa jauh-jauh lewat Reyhanli? Kok tidak masuk lewat Damaskus saja?

■ Bila lembaga pengepul donasi menolak mengirimkan bantuan ke pengungsi di Ghouta yang merupakan wilayah dikuasai oleh pemerintah Suriah, berarti mereka sebenarnya berafiliasi dengan siapa?

Bila dilihat rekam jejak digitalnya, dalam aksi-aksi pengepulan donasinya, bendera yang dipakai oleh lembaga ini adalah bendera hijau-putih-hitam bintang 3. Ini adalah bendera kelompok ‘pemberontak’ alias ‘jihadis’.

Saya ulangi kisahnya: selama 5 tahun terakhir, milisi bersenjata (Failaq ar Rahman, Jaish Al Islam, Hay’at Tahrir Al Sham, dll, semuanya berideologi sama dengan Al Qaida) menguasai Ghouta timur. Selama 5 tahun terakhir, mereka hampir setiap hari mengirim bom ke Damaskus dan menewaskan ribuan orang. Sementara itu, warga sipil di Ghouta timur disandera, tidak boleh keluar. Sejak sebulan lalu, tentara Suriah fokus melakukan operasi pembebasan Ghouta timur dan berhasil. Milisi “jihad” dipindahkan ke Idlib, milisi yang tobat diampuni, dan warga sipil dievakuasi ke tempat-tempat penampungan di sekitar Damaskus karena rumah-rumah mereka dan fasilitas publik di Ghouta timur sudah hancur.

Simak video bagaimana gembiranya warga Ghouta timur yang dibebaskan oleh tentara Suriah:

 

 

Sekali lagi, ini #cumananya dan mengajak follower fanpage ini untuk belajar kritis bersama peta.

Gak perlu ngamuk 🙂

#SaveAkalKritis

Iklan

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: