Kajian Timur Tengah

Beranda » Amerika » Ada Jejak Bom AS dalam Serangan Horor Bus Sekolah Yaman

Ada Jejak Bom AS dalam Serangan Horor Bus Sekolah Yaman

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
Iklan

Di antara hal penting yang tak banyak diperhatikan publik dalam konflik Yaman adalah: SIAPA PEMASOK SENJATA UNTUK SAUDI?

Mengapa hal penting ini tak banyak diperhatikan? Karena hampir semua media memframing bahwa ini adalah perang antarmazhab: invasi Saudi ke Yaman adalah upaya Saudi-Wahhabi menangkal kekuatan Houthi-Syiah [biasanya ditambah frasa: yang didukung Iran].

Usai serangan horor terbaru Saudi (9/8), yaitu pengeboman terhadap bus sekolah yang menewaskan 51 orang (mayoritas anak sekolah) dan melukai lebih dari 70 orang lainnya, ditemukan potongan bom buatan AS berjenis Mark 82 buatan kontraktor pertahanan Raytheon.

Sisa bom MK-82 yang punya bobot 500 pound itu ditemukan wartawan lokal dan warga Yaman di dekat jasad-jasad korban yang hangus.


Bahwa AS menjual senjata ke Saudi, bukan berita baru sebenarnya. Tahun 2016, jejak MK-82 juga ditemukan usai pesawat tempur Saudi membombardir upacara pemakaman Sheikh Ali al-Rawishan, yang menewaskan lebih dari 140 orang dan melukai 525 orang lainnya.

Pada bulan Juni 2017, AS mengumumkan proyek pelatihan tentara Saudi berbiaya 750 juta Dollar (tentu saja yang bayar Saudi, bukan dana hibah).

Maret 2018, diberitakan bahwa Trump berhasil jualan senjata ke Bin Salman sebesar 12,5 Miliar USDollar, antara lain Standoff Land Attack Missiles 3 miliar USD, CH-47 Chinook helicopters 533 juta USD, Threat Detection Aerostats 525 juta USD, Abrams tank upgrades 880 juta USD, dan misil Harpoon Block II 889 juta USD.

Sementara itu, sejak serangan ke Yaman dimulai pada Maret 2015, nilai penjualan senjata Inggris ke Saudi meningkat 457% (1,9 miliar poundsterling). Dan, tahukah Anda, siapa di antara pembeli terbanyak senjata buatan Perancis yang merupakan eksportir senjata terbesar ke-3 di dunia ini? Tak lain, Saudi Arabia.

Jadi paham ya, mengapa perang Yaman terus berlanjut, meski anak-anak Yaman meregang nyawa setiap hari, baik akibat bom atau wabah penyakit akibat kurangnya makanan, air bersih, dan obat-obatan?

—-
Ref:
Foto potongan bom MK-82 buatan Amerika Serikat ditemukan di lokasi serangan horor Koalisi Arab terhadap bus sekolah di Yaman silahkan klik: https://international.sindonews.com/…/ada-jejak-bom-as-d…/13

https://www.businessinsider.sg/saudi-arabia-us-military-b…/…

https://www.independent.co.uk/…/uk-british-weapons-arms-sal…

https://www.reuters.com/…/pressure-mounts-on-macron-over-ar…

—–

Di video ini ada rekaman anak-anak di bis sekolah itu sedang tertawa-tawa; sebelum kemudian bom Saudi menghancurkan mereka. Direkam dengan hp tentu saja, sebagaimana kita pun biasa merekam apapun aktvitas kita [ini jawaban sebelum ada yang songong bertanya: kok ada kamera??]

simak link videonya di https://www.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/231204950930452/

Iklan

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: