Kajian Timur Tengah

Beranda » Indonesia » Netanyahu Kena Prank?

Netanyahu Kena Prank?

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
Iklan

PM Israel, Netanyahu, dalam pidatonya di depan Sidang Umum PBB (seperti biasa) menyerang Iran dan menuduhnya membuat senjata nuklir (sungguh tak tahu malu, bukankah Israel yang memiliki ratusan hulu ledak nuklir dan menolak bergabung dengan IAEA?).

Dia mengatakan, berkat dicabutnya sanksi ekonomi terhadap Iran, “Mereka menghasilkan $15 Miliar USD dan menggunakannya untuk pemerintahan yang agresif, untuk menaklukkan Timur Tengah, membunuh siapa saja yang tidak setuju dengannya, dan berkampanye untuk menghancukan Israel.”

[perhatikan, narasi Netanyahu soal ‘kejahatan Iran’ persis ustadz-ustadz dari ormas-ormas radikal di Indonesia, tentu saja para ustadz itu selalu mengaku anti-Israel]

Netanyahu menunjukkan foto yang diklaimnya sebagai gudang rahasia senjata nuklir Iran. Tertulis di foto itu : Maher Alley, Turquzabad.

[baca liputan dan fotonya di sini: https://www.voanews.com/a/netanyahu-nuclear-deal-with-iran-has-brought-war-closer/4592428.html%5D

Tapi ternyata… itu adalah foto sebuah gudang cuci karpet!

Warga Iran pun rame-rame mengejek Netanyahu via Twitter dengan tagar #Turquzabad. Mereka selfie di depan ‘gudang senjata nuklir’ dan mempostingnya di medsos.

Di foto ini terlihat koran Jame Jam [bbrp waktu yll saya pernah share di sini, tulisan saya tentang Palestina dimuat di koran ini] menurunkan headline: Tour ke Turquzabad.

Di kolom komen, saya upload video, anak-anak muda Iran merekam diri sendiri di depan gudang, dan berkata, “Lihat nih fotonya, ini lokasinya…”

Sekedar analisis guyon, di dalam bahasa slang Iran, ada kata candaan untuk mengejek, yaitu ‘dunghuz-abad’. Misalnya gini: “Setanyahu itu oon banget sih? Pasti dia berasal dari dunghuz-abad yak?”

Nah, mungkin si intel Zionis yang oon saat nanya-nanya, dimana gudang rahasia senjata nuklir Iran, dijawab ‘dunghuz-abad’, tapi dia dengarnya ‘Turquzabad’, lalu dia laporkan deh ke bosnya. Lalu, mungkin foto satelit ngeliatin ada bulatan-bulatan panjang dan mesin-mesin panjang (gulungan karpet yang sedang yang dimasukkan ke mesin cuci khusus), dan mereka berseru: FIX! INI GUDANG NUKLIR IRAN! Ayo kita laporkan di Sidang Umum PBB!

LOL 😀


Apa tanggapan pemerintah Iran?

“Saya pikir beberapa orang sedang memainkan ‘prank’ [candaan menipu] pada Netanyahu, dan kali ini, mereka mengarahkannya ke Turquz-abad,” kata Wakil Menlu Iran, Araqchi.

Sebelumnya (bulan Mei) Netanyahu juga kena ‘prank’, dia mengatakan bahwa intelnya menemukan gudang senjata nuklir Iran di Shor-abad, Tehran. Padahal, lokasi yang dimaksud itu adalah peternakan ayam.

Iklan

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: