Kajian Timur Tengah

Beranda » Buku Saya » Prahara Suriah, Hoax, Media Sosial, Perpecahan Bangsa

Prahara Suriah, Hoax, Media Sosial, Perpecahan Bangsa

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
Iklan

Banyak orang resah melihat semakin meningkatnya radikalisme di Indonesia dan semakin kerasnya friksi antarumat akibat perbedaan posisi politik. Banyak yang luput memahami fenomena ini dari perspektif geopolitik global, khususnya yang terkait dengan Perang Suriah.

Inilah era Facebook, Twitter, dan WA, ketika perang tidak hanya terjadi di Damaskus, Homs, Idlib, atau Aleppo, melainkan merasuk hingga ke rumah dan mimbar-mimbar di Indonesia. Kemarahan terhadap orang-orang yang terlibat perang nun jauh di sana, ditumpahkan melalui narasi penuh kebencian di berbagai forum, disertai dengan berbagai foto dan video palsu, dengan tujuan merekrut petempur dan donasi.

Banyak anak-anak muda Indonesia yang ‘berjihad’ ke Suriah. Dan karena kebencian itu bagai api, ia membakar ke segala penjuru. Dampaknya sudah sangat terasa di atmosfir Indonesia: kebencian meruyak ke segala arah; melebar ke semua isu. Bom diledakkan tidak hanya di Aleppo, tapi juga di Jakarta dan Surabaya. Karena itu pemahaman yang benar tentang Perang Suriah sangat penting dalam menyelesaikan masalah radikalisme dan mencegah perpecahan bangsa.

Diskusi mengenai Suriah dan dampaknya di Indonesia, bersama beberapa narsum (Densus, Menkominfo, Alumni Suriah, dan dua penulis buku mengenai Suriah) akan diselenggarakan Jumat tanggal 18 Jam 13 di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng. Acara akan dibuka langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah dan Dubes RI untuk Lebanon, Bpk Drs. Hajriyanto Y. Tohari, M.A.

Iklan

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: