Kajian Timur Tengah

Beranda » Amerika » Israel Berperan Penting dalam Pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani

Israel Berperan Penting dalam Pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Ini berita yang ditayangkan Jerusalem Post [media Israel] 7 jam yang lalu (9:23 WIB, saat saya menulis ini).

Saya terjemahkan apa adanya, lalu kalimat di dalam […] adalah kritikan dari saya.

**
Intelejen Israel berperan penting dalam pembunuhan AS terhadap kepala Pasukan Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Quds, Mayjen. Qasem Soleimani, NBC News melaporkan pada hari Minggu.

Soleimani menggunakan kekuatan dan pengaruh besar dan sangat penting sebagai arsitek yang menyebarkan dan mempertahankan pengaruh Iran di Libanon, Suriah, Irak, Yaman dan di tempat lain di kawasan ini melalui tindakan terorisme.

[Soleimani membantu Suriah&Irak melawan ISIS; membantu Hezbollah Lebanon melawan Israel; dan membantu Houthi melawan Saudi —> karena ISIS, Saudi, dan Israel berteman, tindakan Soleimani disebut “terorisme” oleh media Israel ini.]

Setelah terbang ke Irak dari Damaskus dengan Cham Wings Airbus A320, ia dan rombongan keamanannya tewas oleh empat serangan rudal AS yang menargetkan dua kendaraan mereka ketika mereka meninggalkan Bandara Internasional Baghdad pada 3 Januari. Abu Mahdi al-Muhandis, seorang pemimpin penting dari Pasukan Mobilisasi Populer [PMU/Hashd Al Shaabi] yang didukung Iran, juga tewas.

Menurut NBC dan Reuters, para informan di Damaskus memberi tahu CIA tentang pesawat Soleimani mana yang akan dituju, yang dikonfirmasi dan diverifikasi oleh intelijen Israel.

Reuters diberitahu oleh penyelidik Irak bahwa AS mendapat bantuan dari dua staf keamanan di bandara Baghdad dan dua karyawan Cham Wings – “mata-mata di bandara Damaskus dan satu lagi yang bekerja di atas pesawat,” kata sumber itu.

Penyelidik badan keamanan nasional Irak percaya keempat tersangka, yang belum ditangkap, bekerja sebagai bagian dari kelompok orang yang lebih luas yang memberi informasi kepada militer AS, kata pejabat itu.

Menurut The New York Times, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu kemungkinan adalah satu-satunya sekutu AS yang tahu tentang pembunuhan itu, setelah berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sebelumnya.

**

#USOutOfMiddleEast
#USOutofIraq

https://www.jpost.com/Middle-East/Israeli-intel-helped-the-US-assassinate-Soleimani-report-613899
[di berita ini juga ada bantahan bernada ngeles dari politisi Israel, tidak saya terjemahkan baca saja sendiri]

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: