Kajian Timur Tengah

Beranda » Indonesia » Kabar duka dari Suriah

Kabar duka dari Suriah

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Pagi ini, saya membuka hp dan mendapati kabar duka. Mufti Agung Damaskus, Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni, gugur akibat bom mobil. T_T Semua pasti bisa menduga siapa yang memasang bom itu.

Alm. Syekh Al-Afyouni pernah datang ke Indonesia tahun 2016, bertemu dengan para ulama Indonesia, antara lain Habib Luthfi. Alm. dikenal sebagai ulama sufi dan moderat.

Saya copas sebagian wawancara alm. dengan Republika:

Republika: Syekh, banyak bertebaran fatwa wajib jihad di Suriah. Bagaimana menurut Anda?

Syekh: Saya yakin, fatwa semacam ini salah kaprah. Bertentangan dengan ruh Islam. Fatwa jihad di Suriah yang dikeluarkan sejumlah kalangan itu, tak sejalan dengan prinsip dan kaedah jihad yang diperintahkan agama.

Islam datang untuk mempertahankan kelangsungan hidup umat manusia, bukan malah sebaliknya, yaitu membunuh mereka.

Islam hadir untuk membawa umat manusia tinggal di Surga, dan bukan neraka. Tak pernah sekalipun Islam datang untuk membunuh.

Ajaran-ajaran Islam yang luhur memperlihatkan, bagaimana perempuan yang mengurung kucing divonis masuk neraka, sementara ini lebih mulia lagi, konteksnya adalah manusia.

Bagaimana dengan dampak puluhan, ratusan, hingga ribuan korban yang meninggal akibat fatwa itu? Entah anak-anak, perempuan, lansia, dan seterusnya. Islam menjaga keutuhan nyawa.

Jihad yang disyariatkan oleh Allah SWT melawan penguasa, itu hanya sebatas memastikan agar manusia bisa memeluk dan menjalankan agama dengan baik (Lihat QS al-Anfaal [8]: 39).

Lantas apakah kita akan menamakan perang yang membunuhi umat Islam sendiri itu sebagai jihad?

Mereka sama-sama bersyahadat. Ada ribuan masjid di sini, pesantren, dan madrasah. Bagaimana itu disebut jihad?

Jihad diperbolehkan bila kita umat Islam diperangi oleh musuh yang memerangi negara kita. Ini wajib hukumnya bentuk bela negara. (Lihat QS al-Hajj [22]: 39). Bagaimana bisa jihad memerangi sesama Mukmin dan Muslim dinamakan jihad?

Saya tanya anda satu pertanyaan penting. Jika kita yakin Zionis Israel telah merebut Masjid al-Aqsha dan Palestina, mengapa kita tidak alihkan jihad tersebut ke sana?

Mereka tak menembakkan satu peluru pun untuk kemerdekaan Palestina. Bagaimana mereka membolehkan jihad di Suriah, sementara mereka tidak mengeluarkan fatwa mendesaknya jihad membebaskan al-Aqsha?

Apakah agama itu ditentukan dengan standar manusia? Atau agama adalah syariat Allah yang wajib kita sikapi hati-hati?

Republika: Bisa Anda gambarkan kondisi Suriah sebelum konflik meletus?

Syekh: Mahasiswa Indonesia di Suriah bisa merasakan sendiri bagaimana kondisi di Suriah sebelum konflik. Contoh kecil, kita tak pernah ada kasus kriminal seperti pencurian atau pembunuhan, sekalinya ada, kita akan terkejut. Dulu, perempuan jalan sendirian dini hari, aman-aman saja.

Tak pernah pula terjadi perserteruan antarkabilah. Negara kami aman, penduduknya ramah. Sambutan mereka terhadap tamu sangat luarbiasa. Kami sambut dengan baik warga Irak pada 2003, rakyat Palestina sejak 1960-an, dan bagaimana kami perlakukan baik orang Lebanon pada 2006, atau warga Kuwait saat perang dengan Irak.

Mereka yang tinggal di Damaskus, akan merasa seolah ia penduduk asli. Dan tiba-tiba, Arab Spring memporak-porandakan semua.

Suriah, sejak awal, adalah satu dari sekian negara dengan stabilitas, keamanan, dan kesejahteraan yang tinggi. Sistem sosialnya yang sangat teratur di antara segenap elemennya. Suriah merupakan potret negara percontohan yang sukses merekatkan unsur masyarakat yang berbeda, baik etnis, suku, mazhab, dan agama.

Dan, ketahuilah, alhamdulillah, sejak awal, Suriah termasuk negara paling aman di dunia. Suriah adalah negara yang tak ada fakir miskin, tak ada orang kelaparan. Orang bisa tinggal di suriah dengan biaya hidup termurah di dunia.

Warga menikmati kondisi itu. Pendidikan gratis dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi strata tiga (doktoral). Kesehatan gratis, baik untuk bedah atau selain bedah. Listrik semigratis. Warga bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas dengan mudah dan gratis berkat subsidi negara. Tapi, yang terjadi sudah terjadi.

Selengkapnya silakan baca di https://republika.co.id/berita/odo5l9320/eksklusif-mufti-damaskus-serukan-setop-fatwa-jihad-suriah.

**

Untuk Anda yang ingin lebih memahami konflik Suriah, bisa download ebook Prahara Suriah (gratis). Buku itu terbit tahun 2013. Awalnya saya sempat tak sanggup menyelesaikan penulisannya, karena dahsyatnya bully-an yang saya terima (yang berimbas pada kehidupan nyata, bukan cuma di dunia maya) akibat menulis soal Suriah sejak 2011. Tapi, tiba-tiba ada kabar duka, Syekh Buthy (ulama besar Suriah, aswaja) gugur syahid karena bom bunuh diri teroris pro-khilafah pada 21 Maret 2013).

Kedukaan itu justru memotivasi saya untuk segera menyelasaikan buku itu, menolak kalah dari para peneror pro-khilafah itu. Karena, sejak awal saya sudah memprediksi bahwa konflik dan cara-cara teror mereka di Suriah pasti akan dibawa ke Indonesia. Dan sayangnya, prediksi saya benar 😦 https://dinasulaeman.wordpress.com/2019/01/01/pdf-prahara-suriah/

**Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu… Alfaatihah ma’ash shalawaat**

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: