Kajian Timur Tengah

Beranda » Blog&Web About Global Politics » Ketika ZSM Sewot Saat Video Kebrutalan Tentara Israel Diupload

Ketika ZSM Sewot Saat Video Kebrutalan Tentara Israel Diupload

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Sekarang ini era medsos dan smartphone. Semua kejadian di Palestina (baik itu Jerusalem, Gaza, maupun Tepi Barat), sangat mudah kita akses, kalau mau. Orang-orang di sana langsung merekam apapun kejadian yang mereka alami, lalu upload di medsos. Al Aqsa sudah memanas beberapa pekan terakhir ini. Tentara Israel di Jerusalem timur menggila, menyerang orang-orang Palestina di sana. Bisa Anda ikuti update hariannya di beberapa fanpage Palestina, misalnya Eye On Palestine atau Quds News Network.

Orang-orang yang mengikuti setiap hari, tidak “kaget” lagi lihat video-video kebrutalan tentara Israel. Saya memang belum pernah posting videonya di fanpage. Soalnya, waktu saya terbatas, banyak yang harus ditulis. Tidak semua hal sempat saya tulis.

Lucunya, ketika hari ini saya share salah satu videonya, kok banyak yang “kepanasan” dan protes. Ada yang bilang “kok share video aja ga pake penjelasan?” Padahal sudah ada penjelasannya: kejadian tadi malam, orang sedang sholat tarawih diserang sama tentara Israel. Kalau mau juga bisa google, sudah masuk media. Atau ada yang nanya-nanya untuk mencoba “menjustifikasi” kejadian itu. Saya pikir, ini menunjukkan bahwa sesungguhnya mereka malu juga lihat negara junjungannya ketahuan berbuat brutal lalu mau cari-cari kesalahan korban (blaming the victim).

Lagi pula, siapa kalian, nyuruh saya bikin analisis panjang lebar setiap upload? Saya nulis bertahun-tahun soal Palestina pun kalian ga mau baca kan? (Kalian = ZSM).

Ini saya share satu video lagi ya, kali ini yang jadi korban adalah umat Nasrani Palestina yang mencoba masuk Gereja “Church of the Holy Sepulchre” untuk merayakan hari Sabat Agung (Sabtu Suci). Kejadiannya 6 hr yll, video diupload IG https://www.instagram.com/p/COVCPeIJstS/?igshid=8qibe0hnl1tl (Anda bisa ikuti IG ini untuk update harian kejadian di Palestina). Kejadian ini juga sudah diberitakan oleh Al Jazeera, footage-nya ada di sini: https://www.facebook.com/eyeonpalestine.offical/videos/4335818303107044

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: