Kajian Timur Tengah

Beranda » Palestina » Haji dan Palestina

Haji dan Palestina

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Selamat Idul Adha untuk teman-teman Muslim follower fp ini. Mohon maaf lahir dan batin.

Salah satu spirit dan pesan haji adalah berjuang melawan rasisme dan penindasan.

Apa buktinya?

Salah satu ritual haji adalah tawaf dan sa’i. Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah. Ada makam yang menempel di Ka’bah (Hijr Ismail), sehingga saat tawaf, kita juga mengelilinginya (dan menyampaikan doa). Makam siapakah itu? Makam Siti Hajar.

Saat sa’i, kita berlari-lari kecil dari Safa ke Marwa (bolak-balik). Ini ritual yang mengulangi apa yang dilakukan Siti Hajar dulu, saat mencari air untuk putranya, Ismail.

Siapakah Hajar? Dia adalah perempuan, budak, berkulit hitam. Bayangkan, dari sekian banyak manusia di dunia, dari sekian banyak ras/suku, Allah swt memilih Hajar untuk ditinggikan derajatnya, Allah menjadikannya istri dari seorang nabi, yaitu Ibrahim a.s. dan kemudian menjadi ibu dari seorang nabi, yaitu Ismail a.s. Kelak, dari garis keturunan Nabi Ismail a.s., lahirlah Nabi Besar Muhammad SAW.

Saat ini, masih ada satu bangsa yang mengalami rasisme yang terstruktur dan tersistematis; proyek rasisme yang didukung oleh kekuatan Imperium dunia; yaitu Palestina. Human Rights Watch pada April 2021 sudah menyatakan bahwa Israel melakukan apartheid dan persekusi terhadap bangsa Palestina. [1]

Karena itulah, menurut saya, Idul Adha juga merupakan momentum untuk menyuarakan pembelaan kepada bangsa Palestina. Pembelaan terhadap bangsa Palestina, yang menjadi korban rasisme dan apartheid yang dilakukan Israel selama lebih dari 70 tahun, harus terus dilakukan, baik oleh Muslim, maupun umat dari berbagai agama; oleh semua orang yang mencintai kemanusiaan.

[1] tulisan saya tentang “Israel dan Sistem Apartheid” : https://fixindonesia.com/…/israe…/wYZDaHCPMVVDBnCYKHn9t7

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: