Kajian Timur Tengah

Beranda » Uncategorized » [PDF] Belajar tentang Covid-19

[PDF] Belajar tentang Covid-19

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Drh. Moh Indro Cahyono adalah seorang virolog (peneliti virus) yang memiliki pengalaman puluhan tahun. Penjelasan Drh. Indro adalah penjelasan dari seseorang yang memang meneliti langsung virusnya (mengisolasi virus covid-19, diteliti langsung di lab), bukan sekedar menyampaikan ulang apa yang diteliti orang lain. Penjelasannya tentang Covid menjadi penting dipelajari oleh semua pihak, apapun latar belakang keilmuannya, karena virus ini memengaruhi kehidupan semua orang. Tanpa pemahaman yang benar, minimalnya di dasar-dasar logikanya, bangsa ini akan terus dipermainkan oleh narasi yang simpang siur, yang menguntungkan segelintir orang.

Soal Covid adalah isu internasional, penetapannya sebagai pandemi juga ditetapkan oleh WHO. Ini bukan sekedar isu lokal. Informasi yang disebarluaskan di Indonesia pun kebanyakan bersumber dari luar. Misalnya, di file PDF Anda bisa lihat gambar berikut ini (tapi di PDF ada tambahan penjelasan dari Pak Indro).

Perhatikan, di mana keanehannya? Gambar itu berasal dari Financial Times, media yang berbasis di Inggris. Dari grafik, terlihat di garis warna merah, justru varian AY.4.2 menyebar lebih lambat, tapi diberi tulisan: AY.4.2. menyebar 12-15% lebih cepat dari varian Delta.

Ingat, ada pejabat di Indonesia bilang, “AY.4.2. lebih ganas 15% dari Delta” dan karena itu, kemungkinan aturan PCR diberlakukan lagi. Aturan karantina (yang sebelumnya diubah jadi 3 hari, menjelang kepulangan Presiden dari acara G20) mungkin akan diberlakukan lagi 7 hari. “Gelombang ketiga akan datang Desember,” kata media, tapi kemudian diundur jadi Maret.

Siapakah sebenarnya yang mengatakan AY.4.2. lebih ganas? Apakah benar, memang lebih ganas, atau tidak? Apakah dengan memberlakukan tes swab/PCR, AY.4.2 dan perubahan jumlah hari karantina, penyebaran virus bisa dihalangi? Lalu, varian itu apa sih? Apa varian itu memang lebih ganas dari aslinya? Kalau varian terus-menerus muncul, apa artinya status pandemi di negeri ini tidak akan berakhir? Nah itulah yang seharusnya dipelajari semua orang, dari sumber yang tepat tentu saja.

File PDF di atas (klik saja link download) adalah slide presentasi drh Indro dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional yang diselenggarakan DKR (Dewan Kesehatan Rakyat) Depok. DKR didirikan oleh Ibu Dr. dr. Siti Fadilah Supari pada saat beliau menjadi Menkes. Video rekaman saat Drh. Indro menerangkan isi pdf ini dapat disimak di sini. Anda juga bisa menyimak channel youtube Pakdhe Indro Channel Asli untuk mempelajari seluk-beluk Covid. Di luar sana ada banyak yang menjelaskan virus ini, tapi yang benar-benar meneliti virusnya sejak awal masuk ke Indonesia, dan mau menjelaskan terbuka ke publik (meski akhirnya mengalami banyak “intimidasi”) ya cuma drh. Indro ini.

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: