Kajian Timur Tengah

Beranda » Amerika » Emma Watson Bukan Anti-Semit

Emma Watson Bukan Anti-Semit

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/1584788258542335

Bintang film Harry Potter dan aktivis PBB, Emma Watson, memposting foto di IG-nya, bertuliskan “Solidarity is a verb,” solidaritas adalah kata kerja.

Di caption foto IG itu, Emma mengutip pernyataan Sara Ahmed, “Solidaritas tidak menyamakan semua perjuangan, tidak menyamakan semua rasa sakit atau menyamakan harapan untuk masa depan yang sama. Solidaritas melibatkan komitmen, dan tindakan, serta pengakuan bahwa meskipun kita tidak memiliki perasaan yang sama, atau kehidupan yang sama, atau tubuh yang sama, kita hidup dalam dunia yang sama.”

Postingan IG Emma langsung ditanggapi dengan marah oleh netizen pro-Israel dan pejabat Israel, seperti Dubes Danny Danon (ingat, dia dalam sidang PBB tahun 2019 telah mengangkat kitab suci dan berkata, “inilah AKTE tanah kami’).

[jadi siapa yang bawa-bawa agama? siapa yang harusnya diceramahi supaya “ramah” dan “jangan melakukan kekerasan atas nama agama”?]

Mereka menuduh Emma “anti-Semit.”

Tuduhan anti-Semit (anti-Yahudi) telah dijadikan senjata oleh Israel (dan para fansnya) untuk membungkam para pendukung Palestina. Buat orang-orang di Barat, tuduhan anti-Semit bisa menghancurkan karir mereka. Tapi, akhir-akhir ini masyarakat di sana sudah mulai berubah dan tidak takut lagi dibully.

[Di Indonesia, pada zsm suka menjuluki netizen pro-Palestina dengan ‘kadrun’ atau ‘pro-teroris’ karena mereka menyebut para pejuang kemerdekaan Palestina sebagai teroris.]

Dan ternyata.. memang tuduhan anti-Semit ini dilakukan secara sistematik dan sengaja oleh Israel. Ini diakui oleh mantan menteri Israel, Shulamit Aloni.

Aloni mengatakan “Ini [label anti-Semit] adalah trik yang selalu kami lakukan. Ketika ada orang dari Eropa mengkritik Israel, kami membawa Holocaust. Ketika di negara ini orang-orang mengkritik Israel, maka mereka adalah anti-Semit. Adalah sangat mudah untuk menyalahkan orang yang mengritik tindakan tertentu pemerintah Israel sebagai anti-Semit dan membawa Holocaust dan penderitaan orang-orang Yahudi. Hal ini menjustifikasi semua yang kami lakukan terhadap bangsa Palestina.”

[di video ada wawancara dengan Aloni]

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: