Kajian Timur Tengah

Beranda » Amerika » Pak Jokowi berencana datang ke Kiev, menemui Zelensky.

Pak Jokowi berencana datang ke Kiev, menemui Zelensky.

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/747500536403443

Kalau situasinya seperti ini (tonton video), dimana yang dihadapi bukan aktor rasional [bahkan mendukung milisi teror neo-Nazi – yg secara resmi digabungkan dalam militer negara], apa yang kira-kira bisa dilakukan Pak Jokowi agar Zelensky jadi aktor yang rasional?

“Aktor rasional” adalah terminologi dalam studi HI (bukan aktor bintang film). Yang dimaksud ‘aktor’ adalah negara/tokoh negara. Aktor rasional adalah negara/tokoh yg bertindak rasional, antara lain, tentu saja, mengedepankan kepentingan rakyatnya, bukannya malah menghancurkannya.

Aktor rasional mampu menimbang baik-baik semua langkahnya dalam konstelasi sistem internasional. Misalnya, ketika menyadari dirinya adalah pelanduk kecil di tengah perseteruan dua gajah, maka pilihan-pilihan rasional apa yang harus diambil?

Mungkin Pak Jokowi akan mengajarkan doktrin kebijakan luar negeri Indonesia pada Zelensky, lebih baik “bebas aktif” dan “mendayung di antara dua karang.” Dan semoga Zelensky cukup rasional untuk menerima petuah Pak Jokowi.

Saya nitip suara ya Pak Jokowi… Ada 30% orang Ukraina yang beretnis Rusia, yang sejak 2014 dibombardir dan dibantai oleh tentara Ukraina sendiri. Mereka tinggal di Donbass, timur Ukraina.

Sudah 8 tahun mereka hidup dalam kondisi mengerikan, bangsa Eropa saja tidak peduli, apalagi kita di Asia Tenggara, saya pun baru-baru ini aja tahu. Semoga saja Pak Jokowi bisa menyuarakan pembelaan kepada mereka. Sebagaimana Presiden Chechnya juga sudah turun tangan membela mereka.

Semoga perdamaian bisa segera terwujud.

video: Mick Wallace, anggota Parlemen Uni Eropa, asal Irlandia.

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: