Kajian Timur Tengah

Beranda » Amerika » “Deconstructing Saudi Arabia’s Foreign Aid Motives to Yemen”

“Deconstructing Saudi Arabia’s Foreign Aid Motives to Yemen”

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Pagi-pagi dapat kabar gembira, salah satu mantan mahasiswa saya (sudah lulus), menulis artikel jurnal (dari skripsinya) dan sudah dimuat. Tulisan ini mencantumkan juga nama saya (dan mantan dosen senior kami, Bapak Taufik), karena memang kami juga memberikan kontribusi dalam proses penelitian dan penulisannya.

Jurnal Global ini proses reviewnya “sadis”, reviewernya kritis dan detil, sehingga bolak-balik perlu direvisi. Untungnya mahasiswa saya ini pinter banget, masukan dari reviewer dan arahan dari saya dengan cepat dipahami lalu bisa ia tuliskan dengan sangat baik.

Artikel ini istimewa karena, sejauh ini, jarang saya temukan artikel akademik tentang Yaman, yang kritis dan berimbang. Biasanya tulisan-tulisan tentang Yaman hanya menulis ulang narasi mainstream tanpa kekritisan. Must read, deh.

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang krisis kemanusiaan di Yaman, khususnya mengenai bantuan luar negeri Arab Saudi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab mengapa Arab Saudi memberikan bantuan luar negeri ke Yaman di tengah intervensi militernya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah keamanan manusia untuk menjelasan kondisi kemanusiaan di Yaman dan bantuan luar negeri menurut Veen (2011) untuk menganalisis kepentingan Arab Saudi melalui pengiriman bantuan luar negerinya ke Yaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan wawancara ahli kawasan Timur Tengah. Data yang ditemukan dianalisis menggunakan perangkat lunak Atlas.ti. Penelitian ini menemukan bahwa Arab Saudi memiliki empat motif yang terlihat signifikan, yaitu kemanusiaan, reputasi, keamanan, dan pengaruh. Keempat bingkai tersebut saling terhubung satu sama lain utamanya untuk kepentingan mempertahankan power Arab Saudi di kawasan dan dunia. Dengan begitu, bantuan luar negeri digunakan untuk mempertahankan pengaruh Arab Saudi dari ancaman ekonomi dan keamanan, mencegah rezim yang tidak bersahabat dengan Arab Saudi untuk berkuasa di Yaman, serta meningkatkan reputasinya di ranah internasional.

https://scholarhub.ui.ac.id/global/vol24/iss2/6/

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: