Kajian Timur Tengah

Beranda » Syria

Category Archives: Syria

https://www.youtube.com/watch?v=fdl58yShQEw

Israel menghancurkan bandara sipil di Damaskus, Suriah dan dunia diam. Padahal ini adalah pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional, bisa disebut juga sebagai state terrorisme (terorisme yang dilakukan negara, bukan oleh milisi/kelompok sipil).

Berkali-kali ada netizen yang nanya: kok Suriah ga bales sih?? Ini simak jawabannya. Richard Medhurst ini adalah jurnalis muda yang sangat aktif membongkar kejahatan AS, Inggris, dan Israel. Dia dari Inggris, (ayahnya orang Inggris, ibunya orang Suriah).

(video lengkap ada di https://www.youtube.com/watch?v=fdl58yShQEw)

Antara Israel dan Para Pembela “Jihadis”

Israel lagi-lagi membombardir Suriah. Jelas ini pelanggaran hukum internasional. Tapi AS dkk diam saja. Tidak ada tuh seruan embargo. Tidak ada tuh tekanan-tekanan kepada negara-negara yang mau berteman dengan Israel.

Beda jauh dengan sikap mereka pada Rusia. Indonesia saja yang berhak penuh sebagai negara berdaulat untuk menerima kedatangan Putin ke Indonesia untuk G20 nanti, juga “diganggu” melulu. Maunya mereka, Indonesia tunduk pada mereka, menolak mengundang Putin. Saya percaya, pemerintah Indonesia tetap independen dan menolak tekanan mereka itu.

Nah, saat baca-baca berita soal Suriah yang selama beberapa tahun terakhir ini dibom melulu oleh Israel, saya menemukan foto ini. Di foto ini terlihat, anak-anak Suriah membawa foto bertuliskan:

“Dirgahayu TNI #70. Om, ke sini donk, bantuin kami. Rusia sudah datang.”

(lebih…)

Beda antara “Teori Konspirasi” dan “Konspirasi”

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/407861997880195

Jika dilihat dari sejarahnya, istilah teori konspirasi dulu dimunculkan oleh media-media AS (saat heboh terbunuhnya JFK) untuk membungkam pertanyaan kritis mengenai “siapa dalang dari semua ini?”

Hingga kini, seolah mempertanyakan “siapa dalangnya?” dari sebuah fenomena, dianggap “teori konspirasi.” Bahkan, sekedar mempertanyakan peran Bill Gates dalam pandemi, ada saja yang mengejek “ah elo pake teori konspirasi!”

Memang, sering terjadi, orang mencocok-cocokkan berbagai fakta dan membuat “teori.” Kalau yang model ini, ya cocok disebut “teori konspirasi,” karena masih sebatas teori, dan terpeleset pada sikap mencocok-cocokkan. Fakta-fakta parsialnya mungkin benar, tapi digabung-gabung semaunya sehingga membentuk kisah yang halu.

(lebih…)

Diplomat AS Memang Suka Berdusta

Di video ini, dua pakar HI terkemuka dari AS, yaitu Prof Mearsheimer dan Stephen Walt, berdebat dengan mantan Dubes AS untuk Rusia, Michael McFaul, dan politisi Polandia, Radosław Sikorski.

Dalam konteks konflik Rusia vs Ukraina, Polandia ini sangat pro-AS, dan memang Polandia musuh bebuyutan Rusia (perseteruan di Eropa sejak zaman dulu).

Nah, Mearsheimer dan Walt ini adalah pemikir HI dari mazhab realis, intinya begini: Rusia merasa terancam oleh gerakan AS & NATO di perbatasannya; hal yang sama terjadi: AS juga merasa terancam ketika ada negara lawan yang bikin gerakan mencurigakan di “halaman belakangnya” (negara-negara Amerika Latin).

(Soal realisme ini, baca tulisan saya sebelumnya:https://www.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/289616323275797)

(lebih…)

#menolaklupa

Tahun 2018. Ustadz Abdul Somad (UAS), selama konflik Suriah sering berkomentar provokatif, antara lain menyebut bahwa konflik di Suriah adalah antara umat Sunni versus Syiah, dan menuduh Presiden Bashar Assad telah melakukan pembantaian terhadap warganya sendiri yang Sunni.

Di antara yang ditulis UAS dalam akun Facebook-nya, “Bashar Al-Assad adalah penjahat kemanusiaan seperti Hitler, Stalin, Lenin, Polpot, dan lain sebagainya. PENDAPAT INI kami ambil dari guru kami seorang Ulama ahli hadits Suriah bernama SYAIKH MUWAFFAQ, mursyid thariqat syadziliyyah di Suriah yang kami telah mendapatkan SANAD darinya.”

Menanggapi pernyataan UAS yang menjadi viral di media sosial itu, ikatan alumni Suriah, Alsyami, telah mengirimkan undangan untuk bertabayun.

(lebih…)

Gimana Kabar “Jihadis” dari Suriah di Ukraina?

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/1406270366471099

Beberapa waktu yll saya menulis soal pengiriman “jihadis” dari Suriah. Sumbernya Al Mayadeen. Nah, ada komentator nyinyir soal foto (karena Al Mayadeen ternyata pakai foto lama, tapi sebenarnya, kalau pakai logika, informasi pengiriman “jihadis” ini kan diam-diam, jadi memang tidak/belum ada fotonya). Lalu ada juga yang nyinyir karena Al Mayadeen memasukkan info yang salah soal pertemuan Putin dengan pemimpin Jerman.

Saya sudah menuliskan update info di status tsb (mengoreksi soal foto dan soal pertemuan Putin).

Tapi, yang PALING PENTING DIPERHATIKAN adalah: benarkah ada pengiriman “jihadis” dari Idlib ke Ukraina?

(lebih…)

Ukraina, Suriah, Palestina

Awalnya, beneran ini, saya tidak merasa perlu menulis soal Rusia-Ukraina karena itu kan wilayah Eropa, sedang saya fokus di Timur Tengah. Lalu, saya baca, zsm-zsm pada nyinyir, “Para pembela Palestina kok ga belain Ukraina, munafik.” Heeeh.. apa-apaan ini, kok disambung-sambungin sama Palestina?? Ada proyek apa lagi nih para zsm?

Walhasil, semakin saya dalami, malah semakin banyak ketemu kaitannya. Akhirnya, saya nulis cukup banyak tuh, selama sebulan terakhir. Saya bahkan bikin podcast soal Rusia-Ukraina sampai 4 kali:

(lebih…)

Versi Chechnya: “Ukraina adalah Suriah yang Lain”

Tulisan dengan judul ini pernah saya buat tahun 2014. Saya sejak 2014 pun sudah melihat kesamaan polanya: ini sama-sama agenda penggulingan rezim yang didalangi Barat.

Beberapa waktu yll, ada webinar dimana saya jadi narsum tunggal, saya membutuhkan waktu 1 jam untuk menjelaskan frasa “Ukraina adalah Suriah yang Lain” ini. Saya runut lagi mulai dari teori HI dalam menganalisis konflik, lalu apa kebijakan luar negeri AS, sampai akhirnya kepada kesamaan pola agenda penggulingan rezim AS di Ukraina dan Suriah.

Rekaman webinar saya itu ada di sini:

(lebih…)

Fenomena yang Luar Biasa

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/657642548810189

Video ini kompilasi 3 video yang saya dapatkan dari channel Telegram. Karena sumber-sumber informasi dari Rusia diblokir sana-sini, mereka pun bergerilya di Telegram. Di bagian awal adalah video dari channel Ramzan Kadyrov. Videonya tidak ada subtitle, saya tidak tahu artinya. Tapi ada pengantar dari Kadyrov di video tsb [di Telegram]. Isinya begini:

==Tentara kami berjuang di Mariupol. Di bawah peluru, prajurit Rusia [Chechnya] menyelamatkan penduduk sipil, sementara militer Ukraina tidak mempedulikan mereka. Misi berlangsung dalam kondisi yang sulit. Komando di daerah ini dipegang oleh saudaraku tersayang, Timur Ibriev.

Titik panas ini juga dikunjungi oleh jurnalis dari media Izvestia, yang merekam kejadian yang rumit dan berbahaya ini. Saat wawancara, sebuah peluru tank terbang ke gedung lima lantai di belakang Timur dan meledak. Sebuah kepingan mengenai salah satu pejuang, tetapi tersangkut di sabuk senjata.

(lebih…)

Eks-Menlu Qatar: Anggaran Penggulingan Assad 2 Triliun USD

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/695128555258281

Meskipun kita yang mengikuti perang Suriah tahu persis peran Qatar, tapi ketika eks-Menlu Qatar mengaku terang-terangan seperti di video ini, menarik juga disimak.

Terbukti, Qatar memang ikut dalam agenda penggulingan presiden di negara lain, yang dipilih melalui pemilu. Alasan yang dipakai eks-Menlu ini (di video ini): karena di Suriah ada revolusi yang menginginkan penggulingan Assad. (Jadi seolah, mereka cuma membantu).

Padahal kan kejadiannya ga begitu urutannya. Sejak awal memang agenda AS dan Teluk adalah penggulingan Assad, karena faktor Israel dan pipa gas. Tahap pertama, gerakkan aksi-aksi demo “pro-demokrasi” (NED juga terlibat di sini, seperti biasa). Ketika gagal, masuklah “pasukan jihad,” narasinya pun berubah dari demokrasi ke khilafah.

Nada si eks-Menlu memang seolah cuci tangan, tapi yang jelas ada pengakuan: memang Qatar sejak awal terlibat dalam agenda penggulingan Assad.

(lebih…)