Kajian Timur Tengah

Beranda » Zionisme

Category Archives: Zionisme

Cerita dari Beirut (5)

“Khiam Detention Center”

Salah satu situs yang saya kunjungi di Lebanon adalah Penjara Khiam. Penjara ini, dulu dikenal sangat mengerikan karena orang-orang yang dipenjara di sana disiksa dengan cara-cara yang sangat brutal.

Awalnya, kompleks bangunan Khiam ini berfungsi sebagai barak militer, dibangun oleh Prancis tahun 1933 (saat itu Prancis berstatus sebagai penguasa “mandat” atas Lebanon). Lokasinya di atas bukit di kawasan Lebanon selatan. Jadi, perjalanan menuju ke Khiam dari Beirut kita naik ke arah perbukitan, di kanan jalan terlihat lautan Mediterrania yang birunya indah banget (beda dengan laut lain yang saya lihat sebelumnya). Di kiri jalan, terlihat bukit-bukit dengan perumahan di atasnya (jadi rumah/gedung apartemen di sana seperti vila, ada di perbukitan.

Dari lokasi penjara Khiam yang ada di atas bukit, kita bisa melihat ke bawah: dataran tinggi Golan dan jalur Galilee yang kini diduduki Israel. Tahun 1943, setelah Lebanon merdeka dan Prancis angkat kaki, barak Khiam dikuasai militer Lebanon. Tahun 1982, Israel menginvasi dan menduduki Lebanon selatan. Tahun 1985, Khiam dikuasai Zionis dan milisi Lebanon (South Lebanese Army-SLA) yang bekerja sama dengan Zionis. Barak ini kemudian difungsikan sebagai penjara dan pusat penyiksaan terhadap para pejuang Lebanon yang melawan pendudukan Israel.

(lebih…)
Iklan

Cerita dari Beirut (3)

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/1768699256824776

Dengan diantar Hendri, mahasiswa S2 Indonesia di Beirut, saya sempat datang ke kamp Pengungsi Palestina Sabra-Shatila. Kamp ini saat ini tidak hanya dihuni oleh pengungsi Palestina, tetapi juga Suriah. Rekamannya silakan lihat di video. Di dalam kamp rupanya ada sekolah (madrasah) informal untuk anak-anak pengungsi ini, yang didirikan oleh Muhammadiyah.

Mengenai kisah Sabra Shatila, saya copas terjemahan saya atas tulisan Dr. Ang Swee Chai.

****

Tiga puluh lima tahun yang lalu, ketika Israel menyerbu Beirut Barat, milisi Kristen Lebanon memasuki kamp pengungsi Palestina Sabra dan Shatila di Beirut Barat. Selama tiga hari, pasukan Israel menyegel kamp dan mengizinkan mereka membantai beberapa ribu pengungsi. Saya saat itu adalah seorang ortopedik muda yang mengundurkan diri dari Rumah Sakit St. Thomas di London untuk bergabung dengan tim medis Christian Aid, membantu mereka yang terluka selama invasi Israel ke Lebanon beberapa bulan sebelumnya.

Beirut dikepung. Air, makanan, listrik dan obat-obatan diblokir. Invasi tersebut menyebabkan ribuan orang tewas dan terluka, dan membuat sekitar 100.000 orang kehilangan tempat tinggal. Saya diperbantukan ke Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina untuk memimpin departemen ortopedi di Rumah Sakit Gaza di kamp Sabra dan Shatila di Beirut Barat.

Saya bertemu para pengungsi Palestina di rumah mereka yang dibom dan mempelajari bagaimana mereka bisa menjadi pengungsi di salah satu dari 12 kamp Palestina di Lebanon itu. Sebelumnya, saya tidak tahu bahwa orang Palestina itu ada. Mereka mengingat bagaimana mereka diusir dari rumah mereka di Palestina pada tahun 1948, seringkali dengan todongan senjata. Mereka melarikan diri dengan harta apa pun yang bisa mereka bawa dan akhirnya menjadi pengungsi di negara-negara tetangga, seperti Lebanon, Yordania, dan Suriah.

(lebih…)

Jilbab

Gara-gara urusan hijab di Iran, netizen di Indonesia banyak yang ikut nyinyir. Orang yang memberi informasi pembanding (termasuk saya), disebut “buzzer Iran”. Lha kalian yang nyinyir, buzzer apa? Buzzer Islam Liberal buatan Barat? Atau buzzer Amerika? Bukankah AS sangat berkepentingan dengan tergulingnya rezim di Iran?

Atau buzzer Israel? FYI: Israel dengan tidak tahu malu menyatakan mendukung “penegakan HAM di Iran”, padahal kaum perempuan Palestina setiap hari dilanggar HAM-nya, anak-anak, ayah, dan saudaranya dibunuhi oleh serdadu Zionis. Kalian pernah menyinyiri Israel? Atau malah warga Palestina yang kalian nyinyiri, kalian sebut sebagai Arab atau “kadrun”?

(lebih…)

Kejahatan Imperialisme Inggris

Inggris telah menjajah sangat banyak negara di dunia, bahkan mensponsori berdirinya “negara” Zionis Israel di atas tanah Palestina. Orang-orang kulit putih Eropa yang mengklaim diri “pewaris tanah Palestina” hingga kini mengkolonisasi (kalau pakai istilah dokumen PBB “occupying”, menduduki) Palestina.

Pemerintah Inggris pun hingga hari ini merupakan pendukung utama Israel (bersama AS).

Di video ini, orang Inggris sendiri, jurnalis dan penulis buku terkenal, George Monbiot, membongkar kejahatan Inggris dan menyebutkan bahwa akarnya adalah di “rasisme” (merasa diri lebih unggul di atas kaum kulit berwarna) dan rasisme itu MASIH ADA hingga hari ini di tengah mereka [ini Monbiot sendiri yang bilang, bukan kalimat dari saya].

(lebih…)

Hari ini di Palestina, dan Suatu Hari di UIN Alauddin Makassar

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/1755546418122533

Tweet @OnlinePalEng 4 jam yang lalu: Pasukan pendudukan Israel menangkap seorang pemuda Palestina setelah menyerangnya di daerah Bab al-Amoud, Yerusalem yang diduduki.

9 jam yll: Pengadilan Israel telah menghukum mahasiswa Palestina Dina Jaradat, yang menderita hidrosefalus, 4 bulan setengah penjara, ditambah denda (1750$). Jaradat tidak dibolehkan mendapatkan pengobatan selama masa interogasi.

9 jam yll: Momen ketika pasukan pendudukan Israel menangkap seorang wanita Palestina dari Masjid Al-Aqsa di Jerusalem pagi ini.

15 jam yll: Ibu dari pemuda Palestina Mohammad Sabaaneh, yang ditembak mati oleh Israel selama serangan militer ke Jenin, mengucapkan perpisahan kepada jasad putranya.

(lebih…)

ORANG-ORANG YANG MEMALUKAN

Saya pagi ini menulis utas di Twitter, silakan cek langsung ke akun @dina_sulaeman untuk melihat foto-fotonya. Saya copas isi tweet-tweet saya di sini:

1/ HEBRON

[This thread is translated from @mikopeled]

Miko adlh orang Yahudi, warga Israel, & ayahnya adlh jenderal Israel. Ia mnulis buku “The General’s Son”. Dia adlh aktivis PEMBELA PALESTINA.

Thread ini kesaksiannya ttg kjahatan Israel&pemukim Zionis di Hebron (Tepi Barat)

2/Miko: Sy prnah b’ada di Hebron. Para pemukim mengambil alih rumah2 warga Palestina. Tentara Israel di mana-mana melecehkan warga Palestina

Kami melihat tentara menahan 2 gadis Palestina saat pulang. @Issaamro & saya m’coba m’bantu. Serdadu ini berteriak, “Keluar dari sini!”

(lebih…)

Bunker-Buster Israel

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/461170179350479

Beberapa komentator pembela Israel di status saya sebelumnya mempertanyakan, bahkan MENUDUH saya tidak jujur, “Mosok dibom gitu aja gedung bisa runtuh.. kok kayak disengaja??”

Sesungguhnya saya sangat marah membaca komentar orang-orang sejahat itu, hati nurani mereka memang sudah rusak parah. Tapi, saya pikir, ini kesempatan juga untuk terus memberitakan kejahatan Israel secara lebih detil.

Lihat video ini, direkam live oleh Aljazeera, TAHUN 2021 (bukan tahun ini), gedung kantor mereka hancur dibom Israel.

Kok bisa sehancur itu? Orang cerdas bernurani akan menelaah. Sebaliknya, para ZSM jahat berkata, “Itu gedung kayaknya dihancurkan sendiri oleh orang Palestina, gak mungkinlah bom Israel bisa bikin rata begitu?”

(lebih…)

GAZA

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/3241768302757784

1/Kemarin, Israel kembali membombardir Gaza. Ini adalah serangan bom entah keberapa kalinya. Dunia hanya bisa mengecam, lalu lupa, lalu terjadi lagi. Di video ini kompilasi bbrp momen p’boman Israel di Gaza.

2/ Selain dibombardir oleh Israel, sejak 2007, Jalur Gaza juga diblokade ketat, hanya ada 2 pintu perlintasan yg dibuka semaunya (b’gantung kemauan tentara Zionis). Blokade sdh b’langsung 15 thn & m’akibatkan penderitaan berat warga Gaza.

3/Pintu perlintasan Karem Abu Salem adlh satu2nya jalur keluar-msk barang komersial di Gaza, utk memenuhi kebutuhan hidup 2 jt warga Gaza. Pnutupan p’lintasan mmbuat pasokan bahan bakar terputus, shingga p’operasian p’bangkit listrik satu2nya di Gaza jg t’hambat.

(lebih…)
https://www.youtube.com/watch?v=fdl58yShQEw

Israel menghancurkan bandara sipil di Damaskus, Suriah dan dunia diam. Padahal ini adalah pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional, bisa disebut juga sebagai state terrorisme (terorisme yang dilakukan negara, bukan oleh milisi/kelompok sipil).

Berkali-kali ada netizen yang nanya: kok Suriah ga bales sih?? Ini simak jawabannya. Richard Medhurst ini adalah jurnalis muda yang sangat aktif membongkar kejahatan AS, Inggris, dan Israel. Dia dari Inggris, (ayahnya orang Inggris, ibunya orang Suriah).

(video lengkap ada di https://www.youtube.com/watch?v=fdl58yShQEw)

Lagi, Seorang Jurnalis Perempuan Palestina Dibunuh Israel.

https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/5168394936573101

Kemarin, 1 Juni 2022, sekitar pukul 7:40 pagi waktu Palestina, seorang jurnalis perempuan berusia 31 tahun, bernama Ghufran Warasneh, berjalan melalui pintu masuk kamp pengungsi Al-Arroub di utara Hebron, Tepi Barat.

Pagi itu, Ghufran akan berangkat bekerja di sebuah radio. Kemarin adalah hari pertamanya bekerja di radio tersebut. Sebelumnya Ghufran sudah pernah bekerja di media lokal lainnya (lihat video).

Tiba-tiba saja, Ghufran ditembak tentara Israel yang memang selalu berpatroli di sekitar pintu kamp pengungsi tersebut. Menurut saksi mata, Ghufran ditembak saat berdiri pada jarak sekitar dua meter dari seorang tentara Israel.

(lebih…)