Kajian Timur Tengah

Beranda » Buku Saya » Ahmadinejad on Palestine

Ahmadinejad on Palestine

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Judul Buku: Ahmadinejad on Palestine
Penulis: Dina Y. Sulaeman
Penerbit: Pustaka IIMaN

Endorsments
Eksistensi Negara Israel vs Bangsa Palestina yang tanpa Negara,
merupakan persoalan umat manusia Pasca Perang Dunia II. Buku ini
berupaya mengangkat kembali soal tersebut secara ringan, berangkat
dari pernyataan-pernyataan Presiden Iran, Ahmadinenjad yang terasa
menohok Dunia Barat yang selama ini mendominasi wacana global, baik
dalam dunia ilmu maupun dunia praktik. (Prof. (em) Judistira K.
Garna, Ph.D, Guru Besar Antropologi Universitas Padjadjaran)

“Israel harus dihapuskan dari peta dunia” (Ahmadinejad, 2005).
Pernyataan ringan, namun berani dan provokatif yang dinyatakan
seorang Presiden Iran, Negara Non-Barat. Buku ini pun buku yang
ringan dibaca, meski membahas masalah serius dan berat seputar
keberadaan Negara Israel yang didukung Negara Barat Pasca Perang
Dunia II vs (Negara) Palestina yang didukung Negara-negara Islam.
Menarik untuk dibaca bagi kalangan umum dan akademisi yang menaruh
perhatian terhadap nasib masa depan umat manusia di muka bumi ini.
(Dr. Dede Mariana, Dosen Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran;
Ketua Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Bandung)

Holocaoust dan konflik Israel-Palestina yang diurai dari dua sisi
secara cukup berimbang menjadi tema sentral dari buku ini. Termasuk
pembahasan yang detail namun ringan untuk dicerna terkait dengan
Ahmadinejad yang meragukan Holocaust. Buku yang ringan dan menarik
untuk dibaca oleh semua kalangan yang meminati isu-isu Timur Tengah.
(Wawan Budi Darmawan, M.Si., Dosen Jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran)

Salah satu dari sedikit buku yang mencoba “membuka” tabir
Holocaoust, termasuk sejarah pertentangan antara Israel dan
Palestina yang tak kunjung usai. Termasuk pembahasan yang menarik
tentang Nakba Day (Al Yaum Al Nakba) atau hari malapetaka terkait
dengan hari peringatan didirikannya Israel dari sudut pandang bangsa
Palestina. Secara umum, buku ini menarik untuk dibaca oleh semua
kalangan karena penulis meramunya dalam bahasa yang sederhana dan
mudah dicerna. (R. Widya Setiabudi, M.T., Dosen Jurusan Hubungan
Internasional Universitas Padjadjaran)

Delapan tahun menetap di Iran membuat tulisan Dina mengenai Timur-
Tengah, terutama mengenai konflik Palestina-Israel memiliki sudut
pandang yang berbeda dari kebanyakan tulisan terkait. Pertanyaan-
pertanyaan seperti mengapa kita harus repot-repot memikirkan konflik
Palestina-Israel? Apa orang-orang Arab memang ingin membuang orang-
orang Yahudi, atau orang Yahudi ingin menghabisi orang Arab dibahas
secara menarik. Dengan bahasa yang tidak banyak bermetafora, penulis
menyajikan rangkaian peristiwa seperti Holocaust dan detail konflik
Palestina-Israel secara lugas dan enak dibaca bagi siapapun. (Budi
Utomo, M.Si., Dosen Jurusan Hubungan Internasional Universitas
Padjadjaran)

Ahmadinejad….Nama tokoh yang satu ini telah menjadi begitu populer
dalam beberapa tahun terakhir ini. Alasannya, tidak lain adalah
karena dia dengan “nakal” namun “tegas”-nya menyatakan bahwa Israel
harus dihapuskan dari peta dunia. Selain itu, dengan beraninya dia
mengatakan bahwa Holocaust itu hanyalah mitos belaka. Mengapa
Ahmadinejad mengeluarkan pernyataan yang teramat kontroversial
semacam itu? Garis-garis kebijakan luar negeri seperti apakah yang
ditempuhnya, sehingga membuat gerah Amerika Serikat dan para
sekutunya? Lalu, apa dampak jangka panjangnya bagi konstelasi
politik di Timur-Tengah? Buku yang ringan dan enak di baca ini
kiranya dapat membantu kita semua untuk mencari jawaban dari semua
pertanyaan tersebut. Kalaulah kita tidak bisa mendapatkan jawaban
yang memuaskan, maka setidaknya itu dapat menjadi bahan renungan
untuk kita semua, mengenai permasalahan di Timur-Tengah yang memang
seolah tiada ujungnya. (Arry Bainus, M.A., Dosen Jurusan Hubungan
Internasional Universitas Padjadjaran)


16 Komentar

  1. sonialis mengatakan:

    salam kenal juga ibu….

    – tulisannya sudah kami terima, dan menunggu jadwal terbit dari redaktur halaman utama jika ke teras utama.
    – Namun kalau ke halaman opini bisa segera kami publikasikan.
    – Demikian terima kasih loh bu, untuk tulisannya….

  2. dinasulaeman mengatakan:

    Makasih da Soni:) Ternyata ngeblog di wp juga..dan ternyata kita seumuran ya:) Thanks atas tnggapannya soal tulisan itu.

    Update: ternyata udah dimuat ya… tadi papiku cerita… huhuhu… kok gak di teras utama seh (narsis deh, pengen photonya dimuat hehehe)
    anyway, thanks a lot

  3. ranrose mengatakan:

    Salam Mba dina,

    pernyataan Ahmadinejad yg kontroversial itu katanya disalah artikan dari bahasa aslinya yang bukan berarti menghapis Isreal dari peta dunia…
    ??

  4. dinasulaeman mengatakan:

    @Afifah: salam, ya kurang-lebih ada misinterpretasi.. silakan baca, di buku ini jg ada 😀

  5. ANGGORO RARAS ST mengatakan:

    sebentar lagi aku juga menerbitkan buku berjudul kehancuran iran menunggu waktu…dan akan hancur total dikuasai israel raya….so pasti terjadi bro tunggu waktunya bro!!! iran yg terhapus dari peta dunia atau israel yg jelas iran akan menunggu kehancurannya.

  6. dinasulaeman mengatakan:

    Pertama, saya perempuan, harusnya Anda panggil saya “sis” 🙂

    Kedua, kalau Anda baca buku saya, Anda akan menemukan fakta menarik bahwa ternyata Ahmadinejad tdk menyerukan Israel dihapus dari peta dunia. Lebih menarik lagi, proposal yg disampaikan Ahmadinejad ternyata bukan perang habis2an membasmi Israel, tapi jalan diplomatik yg disebut ‘one-state-solution”.

    Ketiga, buku saya ilmiah; mudah2an buku Anda juga. Buku yg ditulis secara emosional dan penuh kebencian sama sekali tidak mempunyai nilai ilmiah.

  7. coang mengatakan:

    he..he..pak anggoro itu kebanyakan minum minuman keras sejenis anggur, akhirnya bawaannya nggak masuk akal, kaya orang gila.
    ato jangan2 dah gila, anggur..anggur

  8. nadin mengatakan:

    Bunda,

    Tanggapan yang baik sekali untuk komentar penuh emosi.

    Moga – moga semakin banyak orang yang terbuka pikirannya untuk menghargai pendapat orang lain dan menyatakan pendapat dengan pemikiran yang jernih.

  9. dinasulaeman mengatakan:

    @Nadin: terimakasih Nadin:)

  10. kin mengatakan:

    aku dukung perjuangannya ibu …
    semoga rakyat palestina bisa bertahan…
    Anugerah yang paling dahsyat/tinggi di dunia itu adalah iman dan islam…

  11. […] di Iran. Bukan karena saya fans-nya Ahmadinejad (sejujurnya, tak ngefans2 amat kok; saya pernah menulis ttg Ahmadinejad, tapi dalah konteks konflik Timur Tengah, bukan utk mengelu-elukan dia). Bukan juga karena saya […]

  12. […] Mengapa Kita – apapun agamanya- Harus Dukung Palestina? 15 Januari 2010 bahteraummat Tinggalkan komentar Go to comments (Jawaban ini diberikan oleh Ahmadinejad dalam salah satu pidatonya; dikutip dari buku Ahmadinejad on Palestine) […]

  13. Lare Ndeso mengatakan:

    Bunda… aku sudah baca berulang ulang buku bunda…. yang jelas trimakasih telah memberi banyak wawasan kepada saya… …. Alhamdulillah saya jg sudah pernah di perbatasan Israel…. jadi saya bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi di sana… Bagaimana daerah lembah sungai Litani berusaha mereka rebut… Sebenarnya sangat pilu…. hanya satu yang saya sesalkan…. mengapa umat Islam tidak mau bersatu… malah terkadang mereka saling bermusuhan…
    Trimakasih…. sukses slalu untuk Bunda

    • dinasulaeman mengatakan:

      @Lare: maaf baru skrg reply balik. Terimakasih banyak atas apresiasinya… Anda sudah melihat langsung keadaan di sana? Luar biasa… apa sudah dituliskan di buku/blog/koran? kalau sudah, minta infonya ya.. saya suka sekali membaca catatan perjalanan.. Mengenai perpecahan muslim, memang menyedihkan sekali. Mudah2an suatu saat terjadi perubahan..

  14. ari wahono mengatakan:

    ass teh Dina,,saya ari,adik kelas teteh di unpad angkatan 2010,,saya mau beli buku teteh,dimana ya? saya juga mau nyusun tesis ni berkaitan dngn iran jg,kalo teteh punya bahan2nya tolong dibantu ya teh, oh ya saya udah baca buku yg Obama revealed,keren jg bukunya

Komentar ditutup.

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: