Kajian Timur Tengah

Beranda » Inggris » Film Tentang Wabah di Iran

Film Tentang Wabah di Iran

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad

Yang suka film sejarah, ini ada film bagus. Kisah ini tentang menyebarnya wabah dan kelaparan di Iran tahun 1917-1919. Di film ini disebutkan 9 juta orang tewas (setengah dari populasi saat itu).

Sekedar pengantar sejarah (supaya lebih dipahami kontesnya). Saat itu Iran berada di bawah kekuasaan Dinasti Qajar. Shah Iran dan sebagian tokoh intelektual elitnya, sangat pro Inggris, dan menindas rakyat. Dalam situasi ini muncul banyak gerilyawan perlawanan rakyat melawan Shah dan Inggris “membantu” Shah untuk membungkam mereka.

Tahun 1908, Inggris menemukan minyak Iran. Tahun 1921, Dinasti Qajar tumbang. Tahun 1925 berdiri “dinasti” baru, dipimpin mantan komandan militer, Reza Pahlevi. Shah Pahlevi ini juga sangat pro Inggris dan AS. Konsesi minyak Iran tentu saja diberikan ke AS dan Inggris.

Nah, di film ini diceritakan pada tahun 1917 hingga 1919 Iran didera wabah kolera dan tipus disertai kekurangan pangan. Si tokoh mempertanyakan: ada ribuan tentara Inggris di Iran, tapi mengapa mereka semua sehat dan banyak makanan?

Ternyata tentara Inggris punya obatnya. Dan ternyata kekurangan pangan itu juga didesain oleh Inggris.

Seterusnya, tonton sendiri aja.

Film ini berbahasa Persia dan ada subtitle Inggrisnya. Cara menampilkan subtitle, klik titik 3 di kanan atas ( kalau nonton di hp), klik subtitle. Kalau di laptop, klik simbol CC di bawah layar.

[btw, karena ini share link, saat Anda share ulang, kemungkinan pengantar dari saya tidak terbawa, harus dicopas dulu]

https://www.youtube.com/watch?v=xHhUPnz-DV8&feature=youtu.be

Arsip 2007 ~ Sekarang

%d blogger menyukai ini: