Kajian Timur Tengah

Beranda » Amerika » Resistensi (Muqawwamah)

Resistensi (Muqawwamah)

New Release 2013

Prahara Suriah

New Release (2013)

"journey to iran"
"doktor cilik"
"princess nadeera"
"doktor cilik"
ahmadinejad
https://web.facebook.com/DinaY.Sulaeman/videos/363896935493346

Resistensi adalah kunci penting dalam melawan imperialisme modern. Resistensi tidak bermakna ofensif (menyerang), tetapi bertahan. Resistensi bermakna melawan, kadang dengan diam; kadang dengan tindakan.

Resistensi artinya tetap teguh di jalan yang diyakini benar; meski ada badai datang melanda; meski kemungkinan untuk berhasil terasa sangat kecil. Resistensi artinya meyakini bahwa kebenaran pasti akan menang, badai pasti berlalu; meski entah kapan, tapi pasti.

Itulah yang membuat Suriah mampu bertahan, meski diserbu teroris bersenjata sangat lengkap yang berasal dari 80-an negara; yang didukung oleh negara-negara kaya di dunia, baik dari Barat maupun Teluk. Suriah sempat nyaris tumbang, bahkan ISIS pernah ‘berhasil’ merampas kota Raqqa dan dijadikan “ibu kota kekhalifahan.” Tapi berkat resistensi (termasuk resistensi yang diberikan oleh sahabat-sahabat Suriah), negeri yang diberkahi itu bertahan.

Kini, negara-negara kaya Teluk yang dulu menjadi donatur teroris [tentu saja mereka menyebutnya ‘pejuang’ atau ‘oposisi’] mulai kembali menjalin hubungan dengan Suriah.

Video: Tim sepakbola Suriah menjadi satu di antara 16 tim yang berlaga di Fifa Arab Cup 2021, di Qatar. Lagu kebangsaan Suriah pun berkumandang di acara pembukaan. Bendera Suriah dikibarkan; tentu saja bendera yang bintang 2 itu ya, bukan bendera bintang 3 versi teroris.

Pelajaran buat kita: bertahan (resistensi) perlu kita terapkan dalam diri (ga usah jauh-jauh dulu ke “negara”). Dalam hidup, ada banyak tekanan yang bisa membuat kita melenceng dari sesuatu yang kita yakini benar. Bahkan, sesederhana menulis di facebook pun, kadang ada tekanan dari orang-orang yang tidak sependapat dengan kita. Selama kita selalu check n recheck, dan terus berupaya memastikan bahwa kita tidak salah langkah, jalan saja terus.

Resistensi adalah kunci.

Arsip 2007 ~ Sekarang